UMM Institutional Repository

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENYAKIT ANEMIA (Studi Kasus di Poli Hamil Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang)

Prasetyo, Sigit (2007) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENYAKIT ANEMIA (Studi Kasus di Poli Hamil Rumah Sakit Daerah Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengetahuan adalah segala apa yang diketahui atau apa yang akan diketahui berkenaan dengan suatu hal. Biasanya pendidikan, usia, penyuluhan, pengalaman dan perkembangan media media masa adalah factor factor yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darahnya kurang dari 12 g/100 ml,anemia biasanya didefinisikan sebagai konsentrasi haemoglobin dalam darah kurang dari 13,5 g/dl pada laki-laki dan kurang dari pada 11,5 g/dl pada wanita dewasa, walaupun beberapa orang memakai 14 g/dl dan 12 g/dl sebagai batas terendah normal pada orang dewasa. Anemia sering dialami oleh ibu ibu, utamanya oleh ibu yang sebang dalam masa kehamilan. Hal ini dikarenakan Volume darah Selama kehamilan akan meningkat sebanyak kurang lebih 40-50% untuk memenuhi kebutuhan bagi sirkulasi plasenta. Volume plasma meningkat lebih banyak dari pada volume sel darah merah (yang peningkatannya hanya sekitar 30%) dari kesemuanya itu akan mengakibatkan hemodilusi dengan penurunan kadar Hb hingga mencapai kurang lebih 80% dari nilai normal sehangga sering dapat mengakibatkan anemia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Penyakit Anemia. Penelitian ini merupakan penelitian Non - Eksperimen, dengan desain penelitian Deskriptif ( Studi Kasus). Sampel terdiri dari 15 responden, dipilih dengan teknik consecutive sampling. Hasil yang didapat kemudian diklasifikasikan berdasar criteria yang ada dan dijumlahkan serta dijumlahkan untuk mengetahui hasil yang diinginkan. Dari hasil perhitungan didapatkan tingkat pengetahuan menurut jenjang C1 adalah cukup baik dengan prosentase 86,67 %, tingkat pngetahuan menurut jenjang C2 adalah cukup baik dengan prosentase 80,00 %, tingkat pengetahuan menurut jenjang C3 adalah cukup baik dengan prosentase 60,00 % dan secara keseluruan tingkat pengetahuan yang dimiliki ibu hamil adalah cukup baik dengan prosentase 93,33 %. Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan yang dimiliki ibu hamil dalam penelitian ini adalah cukup baik. Berdasarkan hasil temuan diatas maka disarankan agar para ibu hamil hendaknya memperluas pengetahuan serta pemahaman tentang berbagai macam penyakit yang dapat mengenainya baik disaat sebelum hamil maupun saat kehamilan. Pengetahuan tentang penyakit anemia sangat penting agar ibu hamil dapat terhindar dari masalah masalah kehamilan yang dapat menyulitkan baik dimasa kehamilan, saat proses persalinan ataupun akibat pada bayi yang akan dilahirkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:32
Last Modified: 27 Oct 2015 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo