UMM Institutional Repository

PERAN PENGASUH TPA DALAM MEMBANTU PROSES SOSIALISASI DAN INTELEKTUALITAS ANAK: (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 2-5 TAHUN DI TPA SAMUPHAHITA JALAN VETERAN DALAM NO. 17 MALANG)

Laila, Luthfil (2007) PERAN PENGASUH TPA DALAM MEMBANTU PROSES SOSIALISASI DAN INTELEKTUALITAS ANAK: (STUDI KASUS TERHADAP ANAK USIA 2-5 TAHUN DI TPA SAMUPHAHITA JALAN VETERAN DALAM NO. 17 MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini program pendidikan luar sekolah banyak di selenggarakan.TPA merupakan salah satu dari pendidikan luar sekolah yang bertujuan sebagai wadah untuk membantu anak didik berkenaan dengan kesejahteraan anak. Peranan TPA sangat di perlukan untuk membantu orang tua yang tidak berkesempatan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kesejahteraan anak pada saat orang tua bekerja. Masalah yang muncul di sini adalah bagaimana peran pengasuh TPA itu sendiri dalam membantu proses sosialisasi dan intelektualitas anak usia 2-5 tahun dalam rangka pencapaian tahapan perkembangan anak secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan prosentase, artinya berusaha mengetahui status sesuatu yang diprosentasekan dan disajikan sebagai hal yang bersifat kuantitatif, di mana peneliti mencoba menggambarkan fenomena/kenyataan yang tampak, sebagaimana adanya tentang peran pengasuh TPA. Pengambilan data dilakuakan melalui penyebaran/pengisian angket kepada responden yang berjumlah 16 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan observasi lapangan di TPA Samuphahita jln. Veteran dalam No.17 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa Peran pengasuh TPA sebagai mediator bagi orang tua dalam mengenali, mengetahui dan berusaha menangani permasalahan anak tergolong baik dengan prosentase sebesar 100%. Peran sebagai mediator bagi anak untuk belajar ketrampilan bersosialisasi tergolong cukup dengan prosentase sebesar 100%. Peran sebagai mediator atau fasilitator untuk mengekspresikan emosi lewat permainan tergolong cukup dengan prosentase sebesar 100%. Peran sebagai mediator untuk merangsang secara fisik agar anak lebih aktif untuk mengembangkan imajinasinya tergolong baik dengan prosentase sebesar 100%. Peran sebagai fasilitator untuk memperkenalkan anak dengan kehidupan pra-sekolah tergolong baik dengan prosentase sebesar 93,75% dan kategori cukup 6,25%. Dengan demikian, responden diharapkan dapat berperan aktif dalam mengasuh anak didiknya dan mampu menahami jiwa, karakter anak, serta permasalahan yang di hadapi anak. Sehingga diharapkan anak mampu bersosialisasi dengan sekitarnya dengan baik dan mempunyai tingkat intelektualitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:15
Last Modified: 27 Oct 2015 04:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo