UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI OLAHRAGA DENGAN MUNCULNYA PENYAKIT HIPERTENSI PADA LANSIA (Studi Kasus di Posyandu Lansia Ketawang Gede RW 0I, Puskesmas Kecamatan Dinoyo, Malang)

Meihatmoko, Pria Puspo (2007) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI OLAHRAGA DENGAN MUNCULNYA PENYAKIT HIPERTENSI PADA LANSIA (Studi Kasus di Posyandu Lansia Ketawang Gede RW 0I, Puskesmas Kecamatan Dinoyo, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Frekuensi olahraga adalah keseringan seseorang melakukan olahraga dalam waktu dan periode tertentu. Seseorang yang terbiasa melakukan olahraga dengan frekuensi yang baik (rutin, benar dan cukup) maka tubuh akan memiliki kekebalan yang bagus dan akan dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Akan tetapi masyarakat masih kurang memahami tentang hal itu dan seringkali olahraga dianggap sesuatu yang tidak begitu penting bagi kesehatan tubuh. Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah melebihi batas normal yaitu diatas 140/90 mmHg. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah pola makan, gaya hidup, riwayat suatu penyakit, usia dan banyak lagi penyebab hipertensi. Tetapi karena diimbangi dengan melakukan olahraga dengan frekuensi yang baik (rutin, cukup dan benar) maka resiko hipertensi akan dapat dikurangi bahkan dapat dicegah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atau mengetahui Hubungan Antara Frekuensi Olahraga Dengan Munculnya Penyakit Hipertensi Pada Lansia. Penelitian ini merupakan penelitian observasional case control, dengan desain penelitian Cross Sectional Study. Sampel terdiri dari 20 responden, dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil yang didapatkan kemudian diberi skor berdasarkan ketentuan dan diolah dengan menggunakan Uji Spearman Rank. Dari hasil Uji Spearman Rank di dapatkan nilai rho hitung adalah 0,9024 dan rho tabel adalah 0,591 dan pada pedoman pemberian koefisien korelasi menunjukkan apabila hasil rho hitung diantara 0,800 1,000 artinya adalah menunjukkan bahwa hubungannya adalah sangat kuat , sehingga dapat disimpulkan yaitu terdapat hubungan yang sangat kuat antara frekuensi olahraga dengan munculnya penyakit hipertensi pada lansia. Berdasarkan hasil temuan diatas maka disarankan agar kita selalu melakukan olahraga dengan frekuensi yang baik (rutin, cukup dan benar) agar kita dapat terhindar dari penyakit hipertensi terutama pada masa lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 27 Oct 2015 03:38
Last Modified: 27 Oct 2015 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo