UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA VERILITAS TENTANG OSTEOPOROSIS (Studi Pada Lansia Verilitas di Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi Blimbing Malang)

PUTRA, MUHKLIS ADI (2005) TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA VERILITAS TENTANG OSTEOPOROSIS (Studi Pada Lansia Verilitas di Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi Blimbing Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lansia verilitas adalah lansia yang berusia antara 40-50 tahun, dimana pada usia ini sangat beresiko untuk terjadinya penyakit osteoporosis karena ada dua sel yang sangat berperan penting dalam proses ini adalah osteoblast yang berfungsi dalam pembentukan tulang dan osteoklast yang berfungsi dalam resorbsi tulang. Prosas pembentukan dan resorbsi ini terjadi seumur hidup, namun pada usia mulai 40 tahun massa tulang akan mulai berkurang sebagai akibat dari mulai berkurangnya fungsi osteoblast. Penurunan massa tulang inilah yang akan menyebabkan terjadinya osteoporosis pada lansia. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan lansia verilitas tentang pencegahan osteoporosis. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan data secara purposive sampling dari 92 lansia usia 40-50 tahun yang berkunjung ke Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi Blimbing Malang, sebanyak 20 orang yang direkrut sebagai sampel yang memenuhi kriteria inklusi dalam penelitian ini. Tingkat pengetahuan lansia verilitas diukur dengan menggunakan kuesioner tertutup dimana jawaban-jawaban sudah tersedia. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan prosentase. Lokasi penelitian ini di Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi Blimbing Malang. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan lansia verilitas tentang pencegahan osteoporosis termasuk dalam kategori cukup dengan prosentase jawaban responden sebanyak (50%), tingkat pengetahuan dalam kategori baik dengan prosentase sebanyak (35%), dan tingkat pengetahuan dalam kategori kurang dengan prosentase sebanyak (15%). Kesimpulan dan rekomendasi: Tingkat pengetahuan lansia verilitas tentang pencegahan osteoporosis di Posyandu Lansia Puskesmas Pandanwangi Blimbing Malang sudah cukup, namun masih diperlukan adanya pemberian informasi lebih lanjut kepada masyarakat khususnya lansia tentang pemahaman gambaran penyakit osteoporosis dan pencegahannya mengingat masih ada yang memiliki tingkat pengetahuan yang kurang tentang pencegahan osteoporosis yaitu sekitar (15%), sehingga masyarakat dapat melakukan pencegahan sedini mungkin karena penyakit osteoporosis sangat sulit diobati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:24
Last Modified: 26 Oct 2015 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo