UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN PARA ISTERI YANG BARU MENIKAH TENTANG TANDA - TANDA KEHAMILAN DI DESA BATAAN BONDOWOSO

MARMI, EKA FEBRIA (2005) TINGKAT PENGETAHUAN PARA ISTERI YANG BARU MENIKAH TENTANG TANDA - TANDA KEHAMILAN DI DESA BATAAN BONDOWOSO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga demografi fakultas UI terhadap perempuan yang baru menikah membuktikan bahwa sekitar 43% responden melahirkan anak pertama kurang dari sembilan bulan pertama sejak tanggal pernikahannya. Angka ini meliputi jumlah kematian bayi dan kelahiran premature. Hal ini disebabkan oleh karena minimnya pengetahuan dari pasangan tersebut sehingga saat ada perdarahan mereka baru menyadari bahwa dirinya hamil, namun hal tesebut sudah terlambat untuk diketahui sehingga janin telah meninggal terlebih dulu.Tingkat pengetahuan seorang perempuan tentang tanda-tanda kehamilan atau keberadaan kehamilan adalah sangat penting sekali untuk mendiagnosis dan menetapkan penatalaksanaan yang tepat bagi ibu hamil, karena tidak semua orang perempuan yang berpengetahuan mengetahui dirinya benar-benar hamil. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendapat gambaran yang jelas tentang tingkat pengetahuan para pasangan baru tentang tanda-tanda kehamilan. Metode: pengambilan secara total random sampling, 15 orang para pasangan baru telah menikah di Desa Bataan Bondowoso direkruit sebagai sampel dalam penelitian ini. Tingkat pengetahuan para Pasangan Baru tentang Tanda-tanda Kehamilan diukur dengan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Bataan Bondowoso. Hasil: hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan para pasangan baru tersebut tentang tanda-tanda kehamilan dalam kategori kurang, dari hasil tersebut didapatkan 8 orang (53.3 %) responden dan sisanya 7 orang (46,7%) responden dalam kategori cukup. Dari hasil analisa data tersebut menunjukkan bahwa hanya beda sedikit tentang pengetahuan tersebut dan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang yaitu faktor usia, pendidikan, penyuluhan dan media massa, elektronik, sosial budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:11
Last Modified: 26 Oct 2015 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo