UMM Institutional Repository

TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS CAMPUR DARAT TULUNG AGUNG

SUBEKTI, HERY BAGUS (2005) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS CAMPUR DARAT TULUNG AGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pelaanan merupakan kunci pokok keberhasilan sebuah organisasi. Semakin baik servis yang diberikan, maka pelanggan semakin betah tinggal di organisasi tersebut. Puskesmas campur darat sebagai badan pelayanan masyarakat (BPK) adalah suatu instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa akan selalu mengedepankan kualitas pelayanannya, guna memenuhi selera konsumen. Pada kenyataannya masih banyak pasien yang mengeluh akan pelayanan keperawatan yang tidak terpenuhi sebagaimana harapan dari pasien di Puskesmas Campur Darat. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap tentang mutu pelayanan keperawatan di Puskesmas Campur Darat Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan "Purposive Sampling" yaitu suatu tehnik penetapan sample diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti sehingga sample tersebut dapat mewakili karakteristik populasi yang telah dikenal sebelumnya dengan jumlah responden 20 orang pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Berdasarkan analisa data dengan rumus prosentase, menunjukkan data tingkat kepuasan pasien rawat inap pada dimensi teknis 68,4%, pada dimensi pelayanan 70,4%, pada dimensi keamanan 39,4% dan pada dimensi kenyamanan 82,6%. Dimana diketahui bahwa rata-rata pasien yang menjalani rawat inap di Puskesmas Campur Darat Tulungagung,sebagian ada yang mengatakan sangat puas (10%) dari 2 responden, mengatakan puas ada 14 responden (70%), tidak puas ada 2 responden (10%), dan yang mengatakan sangat tidak puas ada 2 responden (10%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini, sebagian besar pasien mengatakan puas yaitu ada 14 responden(70%),tidak puas 2 responden(10%), sangat tidak puas 2 responden(10%), sangat puas 2 responden(10%) dan sebagai Badan Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) Campur darat masih perlu adanya upaya peningkatan sekaligus mempertahankan pelayanan untuk mencapai hasil yang optimal, yang dulunya tidak puas menjadi puas,puas menjadi sangat puas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:07
Last Modified: 26 Oct 2015 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18837

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo