UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR KB SUNTIK TENTANG TERJADINYA OBESITAS (Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Terjadinya Obesitas di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang)

ISWIDARTI, ISWIDARTI (2005) TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR KB SUNTIK TENTANG TERJADINYA OBESITAS (Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Terjadinya Obesitas di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerakan KB Nasional sebagai salah satu program dari pemerintah pada PJPTI, yang ditekankan untuk mewujudkan Keluarga sejahtera melalui upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat untuk mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. Diantara program KB Nasional yang telah diprogramkan oleh pemerintah dikenalkan Alat Kontrasepsi diantaranya adalah KB Suntik. Selama ini masyarakat mempunyai anggapan bahwa penggunaan KB suntik bisa menyebabkan kegemukan (obesitas), sehingga cenderung masyarakat akan menghindari penggunaan KB suntik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Obesitas. Adapun populasinya adalah 275 akseptor, pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel 55 responden. Penelitian ini di laksanakan di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang pada tanggal 22-25 Juni 2005 dengan jenis penelitian Deskriptif Explorative dengan menggunakan metode pengambilan sampel dengan angket tertutup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan akseptor KB Suntik tentang terjadinya Obesitas sebagian besar (60%) cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan petugas kesehatan desa, dapat meningkatkan kegiatan penyuluhan baik kuantitas maupun kualitas. Bagi peneliti yang ingin menindak lanjuti penelitian ini diharapkan untuk lebih mempertimbangkan pemilihan sampel, tempat dan pengujian validitas kuesioner.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:05
Last Modified: 26 Oct 2015 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo