UMM Institutional Repository

PENGARUH TERAPI BERMAIN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH TERHADAP KEHILANGAN KONTROL DALAM HOSPITALISASI (Studi pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Anak RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar)

NEGORO, PASKY ALFATIH WIRI (2005) PENGARUH TERAPI BERMAIN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH TERHADAP KEHILANGAN KONTROL DALAM HOSPITALISASI (Studi pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Anak RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bagi seseoarang baik laki-laki maupun perempuan bahkan terutama pada anak dan keluarga, sakit, dan hospitalisasi merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan dapat menimbulkan stress psikologis. Perawatan anak di rumah sakit membuat anak menjadi cemas, takut, sedih dan timbul perasaan tidak nyaman lainnya. Perasaan tersebut dapat timbul karena menghadapi sesuatu yang baru dan belum pernah dialami sebelumnya, rasa tidak aman dan nyaman, perasaan kehilangan sesuatu yang bisa dialaminya dan sesuatu yang rasakan menyakitkan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, kemudian diukur dengan menggunakan kuesioner yang berisi tentang keadaan kehilangan kontrol responden. Lokasi penelitian di Ruang Anak RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah perlakuan/terapi yang diberikan pada pasien (subjek penelitian) yaitu dengan cara pemberian terapi bermain dengan alat permainan edukatif dan mengukur hospitalisasi (tingkat kehilangan kontrol) dengan lembar observasi sebelum dan sesudah pemberian terapi bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehilangan kontrol pada individu terutama pada anak usia pra sekolah dimana pada usia tersebut kebutuhan akan bermain meningkat yang mengalami rawat inap dapat berkurang dengan dilakukan terapi bermain ini terbukti semua responden yaitu sebanyak 5 responden mampu dengan baik mengendalikan kehilangan kontrolnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:51
Last Modified: 26 Oct 2015 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo