UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI (Studi Kasus Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Tentang ASI Di Puskesmas Ngunut Tulungagung)

SUKMAWATI, ELOK (2005) TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI (Studi Kasus Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Tentang ASI Di Puskesmas Ngunut Tulungagung). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ASI merupakan makanan utama dan satu-satunya pilihan terbaik untuk semua bayi. Beragam gizi yang dikandung ASI memberikan keseimbangan ideal antara protein, laktose, mineral dan vitamin. Pada dasarnya manfaat ASI bagi bayi adalah tak ternilai harganya, selain meningkatkan kesehatan dan kepandaian secara optimal. ASI juga membuat anak potensial memiliki emosi yang stabil, spiritual yang matang, serta memiliki perkembangan sosial yang baik. Keuntungan ini tidak saja diperoleh oleh bayi, tetapi juga dirasakan oleh Ibu dan keluarga. Walaupun telah jelas bahwa ASI sangat bermanfaat bagi bayi dan ibu, akan tetapi dalam kenyataannya tidak semua wanita memberikan ASI pada buah hatinya Semestinya seiring dengan perkembangan jaman, terjadi pula peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat. Ironinya pengetahuan lama yang mendasar seperti menyusui kadang terlupakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan Ibu Primigravida tentang manfaat ASI. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Ngunut Tulungagung mulai dari tanggal 20-25 Juni 2005 dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode pengambilan sampel dengan angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu primigravida tentang manfaat ASI rata-rata cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan Petugas kesehatan Puskesmas dapat meningkatkan kegiatan penyuluhan baik kualitas maupun kuantitas. Selain itu bagi masyarakat terutama ibu primigravida hendaknya lebih berinisiatif. Dan peneliti yang ingin menindak lanjuti penelitian ini diharapkan melakukan uji validitas quisioner.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:52
Last Modified: 15 Oct 2015 04:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18816

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo