UMM Institutional Repository

HUBUNGAN MOTIVASI KELUARGA DENGAN MEKANISME KOPING LANSIA DI RT 01 RW 01 DESA SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG

MAHARDIKA, VIDA (2005) HUBUNGAN MOTIVASI KELUARGA DENGAN MEKANISME KOPING LANSIA DI RT 01 RW 01 DESA SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang : Pengaruh proses ketuaan pada lansia menimbulkan berbagai masalah yang pada umumnya memiliki tanda-tanda terjadinya penurunan fungsi biologis, psikologis dan sosial ekonomi. Berbagai permasalahan ini mendorong individu (lansia) untuk melakukan perlawanan yang dikenal sebagai koping. Melalui penggunaan koping yang efektif dari lansia akan lebih optimal bila didorong melalui motivasi dari keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Hubungan Motivasi Keluarga Dengan Mekanisme Koping Lansia". Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden baik lansia atau keluarga lansia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk keluarga lansia dan lembar interview untuk lansia yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni sampai 2 Juli 2005. Kuesioner dikembangkan mengacu pada lima tugas perkembangan keluarga menurut Freeman (1981) dan mengacu pada delapan jenis koping sesuai pedoman koping oleh Folkman & Lazarus. Penelitian ini dilakukan di wilayah RT 01 RW 01 Desa Sumberpucung Kec. Sumberpucung Kab. Malang. Analisa data menggunakan Chi-Square. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sebagian besar motivasi keluarga dengan mekansime koping lansia adalah baik (80%) sedangkan 20% cukup dan kebanyakkan lansia menggunakan kedua jenis koping adaptif ataupun maladaptif. Dalam penelitan ini terdapat korelasi antara motivasi keluarga dengan mekanisme koping lansia. Dengan diketahuinya hasil penelitian ini seyoyagnya keluarga lebih memotivasi lansia dalam segala hal dan lansia lebih meningkatkan pengetahuanya sehingga derajat kesehatan lansia dan mutu kehidupan lansia untuk mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:36
Last Modified: 15 Oct 2015 04:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18806

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo