UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TENTANG PERAWATAN DIABETES MELLITUS : Suatu Studi Pada Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu.

Husairi, Muhammad Hirsan (2005) TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TENTANG PERAWATAN DIABETES MELLITUS : Suatu Studi Pada Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang : Diabetes mellitus merupakan penyakit menahun yang tidak dapat sembuh dengan cepat dimana penderita dituntut untuk mematuhi seluruh program pengobatan termasuk dengan perawatannya. Perawatan diabetes mellitus yang mencakup pengaturan pola nutrisi, pemberian insulin dan pengaturan pola aktivitas akan dapat berhasil jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya adalah tingkat pengetahuan penderita tentang perawatan tersebut. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan penderita diabetes mellitus dari jenjang C1 atau pengetahuan, C2 atau pemahaman dan C3 atau aplikasi tentang perawatan diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 135 dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 responden dengan probability sampling yaitu cluster sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan quesioner dan wawancara pada penderita diabetes mellitus. Analisis data dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi. Hasil penelitin ini dapat deskripsikan bahwa tingkat pengetahuan penderita diabetes penderita diabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu tentang perawatan diabetes mellitus pada jenjang C1 yang mencakup perawatan dengan pengaturan pola nutrisi sebesar 62% (cukup), perawatan dengan pemberian insulin sebesar 75% (cukup) dan perawatan dengan pengaturan pola nutrisi sebesar 65% (cukup), jenjang C2 yang mencakup perawatan dengan pengaturan pola nutrisi sebesar 57.5% (cukup), perawatan dengan pemberian insulin sebesar 67.5% (cukup) dan perawatan dengan pengaturan olahraga atau aktivitas sebesar 42.5% (kurang baik) dan pada jenjang C3 yang mencakup perawatan dengan pengaturan pola nutrisi sebesar 45% (kurang baik), perawatan dengan pemberian insulin sebesar 42.5% (kurang baik) dan perawatan dengan pengaturan pola aktivitas atau olahraga sebesar 57.5% (cukup). Kesimpulan akhir nilai rata-rata dari tingkat pengetahuan penderita dabetes mellitus di wilayah kerja Puskesmas Bumiaji Kota Batu secara keseluruhan sebesar 57% atau cukup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:27
Last Modified: 15 Oct 2015 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo