UMM Institutional Repository

PERSEPSI KELUARGA TENTANG PERUBAHAN PERILAKU LANSIA (Studi Di Wilayah Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

ASTUTIK, WINDRI (2005) PERSEPSI KELUARGA TENTANG PERUBAHAN PERILAKU LANSIA (Studi Di Wilayah Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang: proses menua merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap individu. Memasuki masa lansia, lansia akan mengalami penurunan baik kondisi fisik psikologis maupun sosial. Penurunan kondisi fisik, psikologis maupun sosial ini berpengaruh pula pada perubahan perilaku lansia, misalnya; adanya ketergantungan oleh karena kelemahan fisik, lebih egois, cerewet serta ingin selalu diperhatikan. Perubahan perilaku lansia ini cenderung membuat orang lain marah-marah dan jengkel terhadap lansia. Persepsi keluarga terhadap perubahan perilaku lansia adalah respon atau tanggapan keluarga terhadap perubahan perilaku lansia. Persepsi dibagi menjadi 2 yaitu persepsi positif dan negatif. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode diskriftif, pengambilan sampel dilakukan secara non random dengan teknik quota sampling. Responden yang diambil berjumlah 30 keluarga dari 150 populasi. Kriteria responden yaitu keluarga yang tinggal bersama lansia, serta lansia tersebut berusia lebih dari 60 tahun. Setiap responden diberikan 20 pertanyaan yang berkaitan dengan persepsi keluarga terhadap perubahan perilaku lansia yang mencakup aspek fisik, psikologis serta sosial. Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keluarga memiliki persepsi yang baik terhadap penurunan kondisi fisik (66,7%), psikologis (50%) seta sosial (46,7%). Dari 30 responden didapatkan bahwa 76,7% atau 23 keluarga memiliki persepsi yang positif. Ini berarti keluarga mampu menerima semua perubahan perilaku lansia dan menganggap bahwa semua perubahan perilaku lansia merupakan hal yang wajar. Sedangkan 23,3% atau 7 keluarga memiliki persepsi yang negatif. Hal ini berarti bahwa keluarga menolak atau tidak menerima adanya perubahan perilaku lansia. Persepsi negatif ini dapat muncul oleh karena adanya beberapa faktor diantaranya; umur dari lansia, tingkat pendidikan dari responden serta hubungan lansia dengan responden. Kesimpulan dan rekomendasi: keluarga memiliki persepsi yang positif terhadap perubahan perilaku lansia. Pemberian informasi kepada keluarga yang merawat lansia agar pengetahuan keluarga tentang lansia dapat bertambah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:25
Last Modified: 15 Oct 2015 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18799

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo