UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI BALITA 1-5 TAHUN (Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita (1-5 Tahun) Di Wilayah Kerja Puskesmas Arjuno Kelurahan Kidul Dalem Rw 07 Kota Malang)

HERLIYANI, FITRI (2005) TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI BALITA 1-5 TAHUN (Studi Tentang Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita (1-5 Tahun) Di Wilayah Kerja Puskesmas Arjuno Kelurahan Kidul Dalem Rw 07 Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor yang penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Gizi dikatakan baik bila terdapat keseimbangan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Begitu besarnya pengaruh orang-orang yang ada di sekeliling keluarga khususnya orang tua dalam membentuk perilaku makan anak maka orang tua harus tahu dengan benar kebutuhan gizi yang dibutuhkan anaknya. Sebab kesalahan dalam memberikan makan sangat mempengaruhi kualitas manusia di kemudian hari dan jika makin dini kesalahan pemberian maknan maka akan makin berat akibat yang akan ditimbulkannya. Oleh karena itu orang tua harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang kebutuhan gizi anaknya di berbagai tingkatan umur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang gizi balita (1-5 tahun) di wilayah kerja Puskesmas Arjuno Kelurahan Kidul Dalem RW 07. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan jumlah populasi 45, tekhnik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 45 responden. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 16-18 Juni 2005, dengan alat ukur berupa kuisioner (tertutup). Analisa data yang digunakan adalah prosentase dengan rumus P = . Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang gizi balita (1-5 tahun) rata-rata 68,3 % dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan suatu penyuluhan tentang gizi balita (1-5 tahun) yang dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya yaitu agar menindaklanjuti dengan melekukan penelitian dalam lingkup wilayah yang lebih luas dan melakukan uji validitas sebelum melaksanakan penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:59
Last Modified: 15 Oct 2015 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo