UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PIL (Studi Tentang Identifikasi Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Akseptor KB Pil dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Pil di Puskesmas Dinoyo Kota Malang)

TRISWANDARI, RINI BEKTI (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PIL (Studi Tentang Identifikasi Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Akseptor KB Pil dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Pil di Puskesmas Dinoyo Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kontrasepsi pil adalah salah satu cara terbaik dalam usaha kontrasepsi pada masa sekarang ini didasarkan pada hal-hal berikut ini yaitu: meningginya pemakaian pil, menurunnya takaran estrogen dan progesterone beserta rangkaiannya, meningginya daya penerimaan dan fasilitas pengadaan, meningginya efektivitas dan menurunnya efek samping. Akseptor keluarga berencana untuk pil di Puskesmas Dinoyo meliputi semua wanita yang telah menikah, jumlah akseptor KB pil selalu meningkat setiap bulan. Hal ini tentu ada yang melatarbelakangi ibu dalam memilih alat kontrasepsi pil baik dari dalam maupun dari luar diri akseptor itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor yang melatarbelakangi akseptor KB dalam pemilihan kontrasepsi pil Adapun metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel secara quota sampling dan jumlah sample 33 orang kemudian dianalisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner . Lokasi penelitian ini di Puskesmas Dinoyo kota Malang. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa faktor yang sangat melatarbelakangi akseptor dalam pemilihan alat kontrasepsi pil adalah faktor eksternal yaitu tingkat ekonomi (23,61%) faktor eksternal yang lain yaitu dorongan keluarga dan suami (22,02%); agama (19,40%); serta petugas kesehatan (17,86%) dan sosial budaya (17,17%) sedangkan faktor internal yang sangat melatarbelakangi adalah faktor motivasi (52,64%) dan pengetahuan (47,36%). Kesimpulan: Faktor yang sangat melatarbelakangi adalah faktor eksternal yaitu tingkat ekonomi. Diharapkan bagi Puskesmas untuk meningkatkan pengetahuan akseptor dan peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:49
Last Modified: 15 Oct 2015 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo