UMM Institutional Repository

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-3 TAHUN DI RW XI KELURAHAN TANJUNGREJO KOTA MALANG

Irawati, Nia (2005) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-3 TAHUN DI RW XI KELURAHAN TANJUNGREJO KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengasuh dan membina anak di rumah merupakan kewajiban bagi setiap orang tua dalam usaha membentuk kepribadian anak. Dalam hal ini orang tua harus bisa memprioritaskan kepentingan anak diatas kepentingan dirinya, tetapi mereka tidak boleh ragu-ragu untuk menegur dan mengendalikan anak apabila berperilaku salah. Anak dengan pengasuhan ini cenderung lebih mandiri, tegas terhadap diri sendiri, mengendalikan diri, dapat bergaul dan bekerjasama dengan baik. Sedangkan membesarkan anak dengan selalu memanjakan dan sabar membawa dampak yang kurang baik dalam perkembangan fisik anak, anak terlihat manja dan tidak bisa mandiri dalam bergaul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 1-3 tahun. Total sample adalah 20 0rang. Variabel independen adalah pola asuh orag tua, variabel dependen adalah perkembangan anak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk pola asuh orang tua dan test DDST untuk perkembangan anak. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan Spearmank Rank Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun, dengan nilai rho hitung > rho tabel Hal ini berarti bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan mempengaruhi perkembangan anak. Hal ini perlu diperhatikan bagi setiap orang tua dalam menerapkan pola asuh yangs sesuai dengan tahap perkembangan anak agar mandapat hasil yang sesuai dengan tahap perkembangan anak agar mendapat hasil yang baik. Untuk penelitian selanjutkanya menggunakan responden yang lebih banyak dan alat yang lebih baik agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:43
Last Modified: 15 Oct 2015 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo