UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN SISWI TENTANG NYERI HAID DAN CARA MENGATASINYA (Suatu Studi Pada Siswi di Madrasah Aliyah Syafi'iyah Sambirampak Lor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo)

FITRIYA, SA'ADATUT DARAINI (2005) TINGKAT PENGETAHUAN SISWI TENTANG NYERI HAID DAN CARA MENGATASINYA (Suatu Studi Pada Siswi di Madrasah Aliyah Syafi'iyah Sambirampak Lor Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haid merupakan proses fisiologis dan terjadi setiap bulan pada hampir semua wanita. Saat haid tersebut sering disertai dengan nyeri, dimana nyeri haid adalah nyeri yang timbul menjelang atau selama haid berlangsung. Nyeri haid yang dirasakan tersebut berbeda-beda, ada yang ringan tetapi juga ada yang sampai mau pingsan. Begitu juga dengan cara mengatasinya, pada setiap orang berbeda-beda bahkan ada yang dibiarkan saja. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling untuk remaja putri yang berusia 15-18 tahun dengan 40 orang siswi di Madrasah Aliyah Syafi?iyah Sambirampak Lor - Kec. Kotaanyar Kab. Probolinggo yang sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Siswi Tentang Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Syafi?iyah Sambirampak Lor - Kec. Kotaanyar Kab. Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase tingkat pengetahuan remaja putri tentang nyeri haid dan cara mengatasinya adalah cukup (77,5%), dari segi pengertian dan penyebab (C1) dengan pengetahuan kurang (62,5%), tanda dan gejala (C2) dengan pengetahuan baik (52,5%), cara mengatasi (C3) dengan pengetahuan cukup (52,5%). Kesimpulan: Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya di Madrasah Aliyah Syafi?iyah Sambirampak Lor - Kec. Kotaanyar Kab. Probolinggo adalah termasuk kategori cukup. Pengetahuan remaja putri tentang nyeri haid dan cara mengatasinya perlu ditingkatkan baik dalam segi pengertian, penyebab, tanda dan gejala, juga cara mengatasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:18
Last Modified: 15 Oct 2015 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo