UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN SEKS PADA SISWA SMU NEGERI I KARAS KABUPATEN MAGETAN

Hapsari, Novia Indah (2005) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN SEKS PADA SISWA SMU NEGERI I KARAS KABUPATEN MAGETAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja merupakan masa yang paling kritis sekaligus paling rentan terhadap persoalan seks. Hal ini tidak saja disebabkan oleh membludaknya informasi yang dapat diakses dengan bebas khususnya menyangkut freeseks atau perilaku pornografi lainya, akan tetapi secara biologis ada pertumbuhan di dalam diri remaja yang merangsang dan mendorongnya unntuk menumpahkan kebutuhan seksualnya. Bila tidak memiliki pengetahuan yang cukup maka remaja akan terjerumus pada masalah-masalah seperti kehamilan diluar nikah, perkawinan usia muda, aborsi, terputusnya sekolah dan masalah lain yang dapat menghancurkan masa depan mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks Pada Siswa SMU Negari I Karas Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang pendidikan seks pada siswa SMU Negeri I Karas Kabupaten Magetan. Jenis penelitian adalah metode deskriptif dengan tehnik pengambilan sampel simpel random sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Tingkat pengetahuan siswa diukur dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dalam jenjang tahu (C1) didapatkan 12 responden (34,3%) termasuk dalam kategori sangat baik, 20 responden (57,1%) termasuk dalam kategori baik,1 responden (2,9%) termasuk dlam kategori cukup, 2 responden (5,7%) termasuk kategori kurang dan tidak ada responden yang termasuk kategori sangat kurang (0%). Tingkat pengetahuan tentang pendidikan seks dalam jenjang pemahaman (C2) diperoleh 11 responden (31,4%) termasuk kategori sangat baik, 15 responden (42,9%) termasuk kategori baik, 6 responden (17,1%) termasuk kategori cukup, 3 responden ( 8,6%) termasuk kategori cukup dan 0% responden termasuk kategori sangat kurang. Tingkat pengetahuan tentang pendidikan seks dalam lingkup aplikasi (C3) didapatkan hasil 8 responden (22,9%) termasuk dalam kategori sangat baik, 19 responden (51,4%) termasuk kategori baik, 7 responden (20%) termasuk kategori cukup, 2 responden (5,7%) termasuk kategori kurang dan 0% responden termasuk dalam kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:10
Last Modified: 15 Oct 2015 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo