UMM Institutional Repository

TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI MEASLES MUMPS RUBELA (MMR) PADA ANAK DI RSAB MUHAMMADIYAH MALANG

ROHANI, ROHANI (2005) TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI MEASLES MUMPS RUBELA (MMR) PADA ANAK DI RSAB MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Imunisasi bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit, upanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara optimal karena kurangnya jangkauan pelanyanan kesehatan serta terbatasnya jaringan informasi sebagai media transfer pengetahuan dan teknologi, sehingga tujuan tersebut belum dapat di realisasikan secara optimal. Kurangnya jangkauan pelanyanan serta terbatasnya jaringan informasi tersebut pulalah yang mengakibatkan belum meratanya informasi mengenai imunisasi MMR. Padahal pengertian, cara dan waktu pemberian, efek serta manfaat imunisasi MMR sangat berperan dalam peningkatan pengetahuan dari masyarakat indonesia khususnya ibu-ibu untuk mengimunisasikan anak-anaknya, khususnya imunisasi MMR. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bermaksud untuk memaparkan suatu variabel secara sistematis yang lebih menekankan pada data faktual. Pengambilan sampel secara accidental sampling, yaitu 18 responden dalam hal ini ibu-ibu yang mengimunisasikan anaknya di RSAB Muhammadiyah Malang yang direkrut sebagai sampel dalam penelitian ini. Tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi MMR diukur dengan menggunakan kuesioner kemudian di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Lokasi penelitian ini di RSAB Muhammadiyah Malang. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi MMR pada anak secara umum termasuk kedalam kategori kurang baik yaitu sebanyak 43.3% dengan jumlah responden 18, sedangkan rata-rata tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi MMR pada anak dengan jumlah responden 18 mengenai pengertian pada C1 adalah 50% dengan kategori cukup, cara dan waktu pemberian pada C1 dan C2 adalah 40.95% dengan kategori kurang baik, efek pada C1 dan C2 adalah 44.4% dengan kategori kurang baik serta manfaat pada C1 dan C2 adalah 44.4% dengan kategori kurang baik juga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 03:08
Last Modified: 15 Oct 2015 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo