UMM Institutional Repository

FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA HIPERTENSI PADA LANSIA DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG

EFENDI, EFENDI (2005) FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA HIPERTENSI PADA LANSIA DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya kejadian penyakit hipertensi pada lansia di Puskesmas Dinoyo Kota Malang berhubungan dengan pengaruh dari beberapa faktor penyebab hipertensi. Usaha untuk mengetahui serta menghindari faktor-faktor hipertensi tersebut perlu didorong dan ditinjau ulang. Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendapatkan data tentang prosentase dari faktor-faktor penyebab terjadinya hipertensi pada lansia di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah diskriptif. Jumlah populasi lansia dengan hipertensi di Puskesmas Dinoyo Kota Malang dalam penelitian adalah 113 orang dan jumlah sampel adalah 28 orang yang diambil dengan tehnik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah rumur prosentase. Faktor penyebab hipertensi ini diukur dengan menggunakan quesioner yang dibagikan kepada responden. Lokasi penelitian di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Hasil menunjukkan bahwa semua faktor hipertensi menjadi peyebab terjadinya hipertensi pada lansia di Puskesmas Dinoyo Kota Malang dengan prosentase faktor keturunan 57% (sedang), usia 100% (tinggi), perempuan 71% (sedang), laki-laki 26% (rendah), konsumsi garam 53% (sedang), stres 46% (rendah), konsumsi alkohol 7% (rendah), konsumsi rokok 21% (rendah), obesitas 46% (rendah) dan kurang olah raga 46% (rendah). Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa usia menjadi faktor utama (100%). Yang paling penting untuk di implementasikan adalah program khusus tentang hipertensi dengan cara pemberian informasi yang cepat dan akurat mengeni hipertensi sehingga kejadian hipertensi dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Oct 2015 02:28
Last Modified: 15 Oct 2015 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo