UMM Institutional Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP FREKUENSI KUNJUNGAN PASIEN KE POLI ANAK RSUD SITUBONDO

Carolina, Dian (2004) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP FREKUENSI KUNJUNGAN PASIEN KE POLI ANAK RSUD SITUBONDO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas menunjukkan kualitas serta ciri dari suatu barang atau jasa yang diadalamnya terkandung pengertian sara aman atau pemenuhan kebutuhan para pengguna jasa (DIN ISO 8402, 1986). Dipahami bahwa kualitas pelayanan tergantung dari latar belakang dan kepentingan masing – masing pelanggan. Bagi pengguna jasa, kualitas – kualitas pelayanan lebih terkait pada dimensi ketanggapaan petugas memenuhi kebutuhan pasien dan kesembuhan penyakit yang diderita. Pelayanan kesehatan di rumah sakit diharapkan memberikan pelayanan yang cepat, akurat, biaya yang sesuai, ramah dan berkualitas/bermutu tinggi sesuai perkembangan IPTEK kesehatan. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif dengan metode eksploratif, cara pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling, kemudian dari hasil pengumpulan data dilakukan analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualits pelayanan pengaruh yang significant terhadap frekuensi kunjungan ke poli anak RSUD Situbondo. Hasil penilaian terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit berdasarkan indikator pelayanan medis dan pelayanan keperawatan diperoleh hasil mayoritas yaitu 80% artinya kualitas pelayanan di poli anak RSUD Situbondo baik, Sedangkan yang menyatakan buruk hanya 20% dari keseluruhan responden. Dari hasil perhitungan uji Chi-Square X2 hitung adalah 7,3684 sedangkan pada taraf α = 0.05 dan derajat bebas = 6 diperoleh nilai X2 tabel =3,841. Dengan demikian maka X2 hitung > X2 tabel maha Ho: ditolak,artinya kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap frekuensi berkunjung pasien ke poli anak RSUD Situbondo. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki penagaruh nyata terhadap frekuensi kunjungan pasien ke poli anak RSUD Situbondo. Berarti pasien yang dibawa ke poli anak RSUD Situbondo disamping mengharapkan kesembuhan juga menginginkan adanya pelayanan medis dan pelayanan keperawatan yang baik, sehingga apabila pelayanan rumah sakit semakin baik akan menyebabkan orang tua pasien akan memilih poli anak RSUD Situbondo sebagai tempat untuk berobat atau memeriksakan kesehatan anaknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 12 Oct 2015 03:31
Last Modified: 12 Oct 2015 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo