UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PERAN SUAMI DALAM MENGHADAPI KEHAMILAN ISTRINYA DI DESA KELAMPOK KECAMATAN SANAN WETAN KOTA MADYA BLITAR

SUCIATI, DWI (2005) IDENTIFIKASI PERAN SUAMI DALAM MENGHADAPI KEHAMILAN ISTRINYA DI DESA KELAMPOK KECAMATAN SANAN WETAN KOTA MADYA BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perannya wanita sebagai pembawa kelahiran generasi selanjutnya menempatkan wanita secara istimewa memperoleh perhatian yang lebih dari kaum ilmuwan. Kehamilan sendiri memberikan arti emosional yang sangat besar pada setiap wanita. Namun sebesar apapun seorang wanita untuk menjadi ibu, seringkali menimbulkan ketakutan-ketakutan tertentu, karena kehamilan bukan hanya membawa resiko bio-fisiologis pada diri wanita tersebut, tapi pada umumnya menambah intensitas emosi-emosi dan tekanan batin pada kehidupan psikisnya. Beberapa gangguan yang mungkin dihadapi seorang wanita dalam kehamilannya adalah meliputi resiko-resiko keguguran dan keracunan kehamilan. Keberhasilan menjalankan kehamilan bukan cuma tanggung jawab istri. Janin yang sekarang tumbuh dalam rahim istri, adalah benih suami istri. Karena itu, suami perlu banyak melibatkan diri selama istri menghadapi kehamilan, persalinan, dan kelak ketika istri mulai mengasuh bayi yang dilahirkannya itu. Keterlibatan suami lebih banyak yang bersifat dukungan psikis, sehingga istri menjalani kehamilan dengan hati yang tenang , tentram, bahagia, dan merasa diperhatikan oleh orang yang dicintainya. Namun keterbatasan suami menghadapi kehamilan istrinya sekarang ini masih saja terjadi. Begitu juga pada salah satu daerah penelitian ini. Banyak suami yang belum tahu betul bagaimana dan apa perannya yang seharusnya dilakukan oleh suami dalam menghadapi kehamilan istrinya. Sebagai perawat profesional kita dituntut untuk membantu dan memberitahu kepada suami tentang perannya yang dapat dilakukan pada saat istrinya dalam keadaan hamil. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengkaji atau meneliti lebih jauh tentang "IDENTIFIKASI PERAN SUAMI DALAM MENGHADAPI KEHAMILAN ISTRINYA".

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 08 Oct 2015 06:51
Last Modified: 08 Oct 2015 06:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo