UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PREMEDIKASI DENGAN PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA KLIEN PRE OPERASI DI RUANG PREMEDIKASI (STUDI KASUS DI RUANG OPERASI RS. LAVALETTE MALANG)

FAUZI, MOHAMAD (2005) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PREMEDIKASI DENGAN PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA KLIEN PRE OPERASI DI RUANG PREMEDIKASI (STUDI KASUS DI RUANG OPERASI RS. LAVALETTE MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang : Ansietas Pra Operatif merupakan suatu respon antisipasi terhadap suatu pengalaman yang dapat dianggap klien sebagai suatu ancaman terhadap perannya itu sendiri (Brunner & Suddarth, 2002) dan untuk mengurangi cemas diberikan obat-obatan Premedikasi seperti Sedatif - Hipnotika (Long, 1996). Analisa : Pada penelitian ini menggunakan Analisa Data dengan Tehnik Prosentase dan Korelasi Product Moment. Metode : Penelitian ini termasuk jenis penelitian observasional dengan mengambil 10 responden klien Pre Operatif yang berada di ruang Premedikasi R.S. Lavalette Malang. Pengambilan data dengan menggunakan lembar observasi. Kesimpulan : Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kecemasan pada klien Pre Operatif sebelum mendapatkan Premedikasi tergolong tingkat kecemasan sedang dengan prosentase 80% dan tingkat kecemasan pada klien setelah mendapatkan Premedikasi pada indikator perasaan dan keluhan fisik klien dalam menghadapi Pembedahan/Operasi tergolong tingkat cemas ringan, penampilan fisik tergolong tingkat cemas ringan dan indikator yang terakhir yaitu tanda-tanda vital (Tekanan darah, Nadi dan Respirasi) tergolong tingkat cemas ringan. Hubungan antara pemberian Premedikasi dengan penurunan tingkat kecemasan pada klien Pre operasi di ruang Premedikasi sangat kuat yang ditunjukkan dengan r hitung 0,982.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 08 Oct 2015 05:41
Last Modified: 08 Oct 2015 05:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo