UMM Institutional Repository

PERAN SERTA KELUARGA DALAM UPAYA MENCEGAH KEKAMBUHAN PADA KLIEN ASMA BRONKHIALE

MAHMUDI, IMAM (2005) PERAN SERTA KELUARGA DALAM UPAYA MENCEGAH KEKAMBUHAN PADA KLIEN ASMA BRONKHIALE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini dimasyarakat sering terdengar istilah bengek dan sejenisnya yang ini melukiskan suatu penyakit yaitu asma bronkiale yang apabila tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik akan berlanjut pada status asmatikus, oleh karena itu diperlukan penatalaksanaan penderita asma yang semua itu perlu adanya kerja sama antara penderita, keluarga dan petugas kesehatan. Dalam perawatan klien dibutuhkan peran keluarga sebab keluarga merupakan tempat dimana individu memulai hubungan interpersonal dengan lingkungannya dan keluarga merupakan unit yang paling dekat dengan klien dan merupak perawat utama bagi klien. Dilihat dari 4 peran keluarga yaitu peran keluarga sebagai pemberi, pengasuh, pengawas dan pembuat keputusan dapat dikatakan bahwa keluarga berperan penting dalam peristiwa serangan asma karena itu keluarga sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan dan pencegahan. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui sejauh mana peran serta keluarga dalam upaya mencegah kekambuhan pada klien asma bronkiale yang meliputi mengidentifikasi peran keluarga sebagai pemberi pada penderita asma, pengasuh penderita asma, pengawas penderita asma dan pembuat keputusan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian diskriptif dengan populasi anggota keluarga inti klien yang telah menjalani pengobatan di Puskesmas Pandanwangi Malang dengan jumlah sampel 20 orang yang diambil dengan cara quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan menggunakan kuisioner, pengolahan data pada penelitian ini menggunakan rumus P = ΣF x 100 % n Dari hasil dan pembahasan yang meliputi 4 peran keluarga dalam perawatan penderita asma bronkiale yaitu peran keluarga sebagai pemberi pada penderita asma diperoleh rata-rata 79,29 % hasil ini masuk dalam kategori baik tapi masih minimal, peran keluarga sebagai pengasuh penderita asma diperoleh rata-rata 86,67 % hasil ini masuk dalam kategori baik, peran keluarga sebagai pengawas penderita asma diperoleh hasil rata-rata 86,43 % hasil ini masuk dalam kategori baik dan peran keluarga sebagai pembuat keputusan diperoleh rata-rata 90,25 % hasil ini masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 08 Oct 2015 05:37
Last Modified: 08 Oct 2015 05:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo