UMM Institutional Repository

PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP MUNCULNYA CIRI-CIRI SEKS SEKUNDER DI SLTPN I TAMBELANGAN SAMPANG-MADURA

Vidiawati, Yenni (2004) PERSEPSI REMAJA PUTRI TERHADAP MUNCULNYA CIRI-CIRI SEKS SEKUNDER DI SLTPN I TAMBELANGAN SAMPANG-MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan periode “Badai dan Tekanan”, masa yang stressfull karena ada perubahan fisik dan biologis serta perubahan tuntutan dari lingkungan, sehingga diperlukan suatu proses penyesuaian dari remaja. Remaja mengalami perubahan secara primer (menarche pada anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki-laki). Anak perempuan yang memasuki masa remaja usianya 9 sampai 19 tahun akan mendapatkan haid pertama (menarche). Hampir setiap remaja wanita yang mengalami haid pertama (menarche) akan mempunyai perasaan negative diantaranya takut, marah, bingung dan merasa direpotkan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang sejauh mana persepsi remaja putri tentang munculnya ciri-ciri seks sekunder di SLTPN I Tambelangan Sampang-Madura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang ingin menggambarkan keadaan subyek atau penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Populasinya remaja putri SLTPN I Tambelangan Sampang-Madura dengan sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2003 dengan menggunakan kuisioner. Analisa data dengan menggunakan teknik distribusi frekuensi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengenai persepsi dari remaja putri tentang pengertian menstruasi pertama (menarche), didapatkan rata-rata prosentase 89,3% yang mana masuk dalam kategori persepsi positif, tanda dan gejala perubahan sex sekunder didapatkan rata-rata prosentase 68,87% dapat dikategorikan sebagai persepsi positif. Dan gejala psikologis waktu menarche dikategorikan sebagai persepsi positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 08 Oct 2015 05:24
Last Modified: 08 Oct 2015 05:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo