UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PEMBERIAN DONGENG

RIF'AH, MUZMI'ATUR (2011) MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL ANAK PRASEKOLAH MELALUI PEMBERIAN DONGENG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan anak untuk menjadi individu yang sehat mental dan beraktualisasi diri tinggi karena mampu dengan kreatif menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi serta dapat memenuhi tugas dalam setiap periode perkembangan. Maka, usia prasekolah sangat menguntungkan untuk pengembangan kreativitas karena pada masa ini, anak sedang menjalani proses perkembangan yang pesat bagi kehidupan. Anak prasekolah cenderung sangat aktif, dinamis, daya imajinasinya tinggi, bebas mengekspresikan emosi, terampil dalam berbahasa, dan merupakan masa yang potensial untuk belajar. Dalam hal ini, berbagai macam permainan sebagai sarana belajar bagi anak dapat merangsang perkembangan kreativitas anak. Sebagai permainan reseptif, kegiatan mendongeng dapat memungkinkan untuk dijadikan sebagai sarana dalam merangsang perkembangan kreativitas verbal anak. Dalam kegiatan mendongeng, imajinasi anak akan terasah, fantasinya semakin luas, anak akan terlatih untuk mengungkapkan sesuatu, dan bebas mengekspresikan emosi. Selain itu, anak terangsang untuk bertanya, berpikir kritis, suka memproduksi cerita, dan anak akan tertarik untuk bercerita dengan bahasa serta imajinasinya sendiri sehingga tercipta orisinalitas dalam proses berpikir anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dongeng dalam meningkatkan kreativitas verbal anak prasekolah. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dongeng dan kreativitas verbal menjadi variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu tes kreativitas verbal untuk pretes dan posttes, kegiatan mendongeng untuk perlakuan dan observasi selama kegiatan pemberian perlakuan. Data diperoleh 13 siswa TK ABA 01 Mulyoagung Malang dengan 7 siswa sebagai subyek eklompok eksperimen dan 6 siswa sebagai subyek kelompok kontrol. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah t-test dengan bantuan program SPSS versi 13.0 for windows. Hasil analisa uji beda skor pretest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah nilai t = 0,563 dengan P = 0,968. Uji beda skor posttest antara dua kelompok menghasilkan nilai t sebesar 0,388 dengan P = 0,415. Hasil uji beda terhadap skor pretest dan skor posttest pada kelompok eksperimen mengahasilkan nilai t = -1,193 dengan P = 0,278. Untuk uji beda skor pretest dan skor posttest pada kelompok kontrol, didapatkan nilai t = -1,177 dengan P = 0,292 yang berarti tidak ada perbedaan kreativitas verbal pada subyek kelompok kontrol pada tahap pretest dan tahap posttest. Dengan demikian, pemberian dongeng tidak efektif untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 17 Feb 2015 11:11
Last Modified: 17 Feb 2015 11:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo