UMM Institutional Repository

Studi Eksperimental Pemanfaatan Gas Metana(CH4) Sebagai Bahan Bakar Mesin Bensin 80.7 cc 4 Langkah

ROMADHI, FAIZAL (2011) Studi Eksperimental Pemanfaatan Gas Metana(CH4) Sebagai Bahan Bakar Mesin Bensin 80.7 cc 4 Langkah. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini pemanfaatan potensi energi dari gas metana di masyarakat hanya dipergunakan sebagai bahan bakar untuk kompor pemanas penganti minyak tanah. Belum maksimalnya pemanfaatan potensi energi dari gas metana yang dihasilkan dari ekstraksi gas dari landfill dan juga dari reaktor biogas melatar belakangi penelitian lebih lanjut tentang penggunaan gas metana tersebut untuk digunakan sebagai bahan bakar generator listrik. Kendala yang mesti dihadapi adalah mesin penggerak generator pada umunya berbahan bakar solar atau bensin, sedangkan konverter kit yang ada untuk mesin generator menjadi bahan bakar biogas sangat langka dan harus diimport serta harganya yang mahal. Oleh karena itu diperlukan modifikasi agar mesin dapat berbahan bakar gas metana, dengan biaya relatif terjangkau dan dapat diimplementasikan oleh masyarakat dengan cukup mudah. Perubahan bahan bakar mesin bensin menjadi menggunakan gas metana memerlukan penyesuaian pada tekanan masuk pada intake manifold. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental dan mengahasilkan 1 metode yang sesuai dari 10 metode yang dilakukan. Setelah itu dilakukan pengujian dan analisa untuk mengetahui kelayakan pemakaian mesin dengan bahan bakar gas metana dengan uji emisi gas buang dan analisa konsumsi bahan bakar. Pada penelitian yang dilakukan dengan pembebanan bervariasi antara 96-169 Watt terjadi volume gas buang CO2 tertinggi yaitu pada 43%, 17% O2, dan 10% CO diantara variasi pembebanan yang lain dikarenakan volume campuran bahan bakar-udara yang sesuai dengan kebutuhan saat pembebanan dan putaran motor. Pada awal pembebanan sampai sebelum pembebanan 150 watt terjadi konsumsi bahan bakar yang konstan. Pada pembebanan diatas 150 watt, konsumsi bahan bakar naik mengindikasikan campuran bahan bakar dan udara yang menyesuaikan pada kenaikan beban. Rasio udara bahan bakar yang didapatkan untuk menghidupkan mesin pada saat pengujian mesin adalah 18,23 :1 dengan Faktor kelebihan udara () = 2,007, dari perhitungan rasio udara bahan bakar secara stoikiometrik 9,081 kg udara /kg bahan bakar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 26 Oct 2008 05:11
Last Modified: 26 Oct 2008 05:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo