UMM Institutional Repository

USULAN RANCANGAN PERBAIKAN FASILITAS KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI (Studi kasus : UD. Wawan Darmawan Penyulingan Minyak Daun Cengkeh, Lumajang)

AMIN, RISALATI NAFSIKA (2012) USULAN RANCANGAN PERBAIKAN FASILITAS KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI (Studi kasus : UD. Wawan Darmawan Penyulingan Minyak Daun Cengkeh, Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan tenaga manusia dalam dunia industri di Indonesia, khususnya industri kecil, masih sangat dominan. Fleksibilitas gerakan merupakan alasan kuat penggunaan tenaga manusia, terutama pada kegiatan penyulingan minyak daun cengkeh. Akan tetapi aktivitas penyulingan diidentifikasi beresiko besar sebagai penyebab terjadinya keluhan musculoskeletal dan cidera tulang punggung akibat dari penanganan material yang cukup berat dan pengulangan pekerjaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keluhan musculoskeletal yang dialami pekerja dan memperoleh rancangan perbaikan fasilitas kerja serta membandingkan waktu kerja sebelum dan sesudah perbaikan fasilitas kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan wawancara terhadap pekerja untuk mendapatkan data berupa keluhan dan postur kerja aktual. Tahap selanjutnya dilakukan pengolahan data teriri dari rekapitulasi standard nordic questionnare (SNQ) mengenai tingkat keluhan operator, tingkat keluhan tertinggi dialami oleh operator pada aktivitas menutup ketel yang terdiri dari aktivitas mengangkat tutup ketel dan mengunci ketel, skor resiko pada aktivitas mengunci ketel ditentukan dengan menggunakan metode rappid upper limb assessment (RULA) dan indeks pengangkatan pada aktivitas mengangkat tutup ketel ditentukan dengan menggunakan metode recommended weight limit (RWL). Dari hasil pengolahan data diperoleh skor resiko 4 yang menunjukkan bahwa aktivitas mengunci ketel penyulingan termasuk ke dalam kategori berbahaya. Dan pada aktivitas mengangkat tutup ketel diperoleh indeks pengangkatan 18,98 yang menunjukkan bahwa aktivitas mengangkat tutup ketel termasuk ke dalam kategori bahaya. Selanjutnya direkomendasikan perbaikan fasilitas kerja dengan penambahan alat bantu berupa katrol manual pada aktivitas megangkat tutup ketel dan perbaikan baut pengunci ketel berupa kancing pada aktivitas mengunci ketel. Sehingga, dengan adanya perbaikan fasilitas kerja ini mampu menurunkan waktu kerja operator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:39
Last Modified: 05 Feb 2015 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo