UMM Institutional Repository

ANALISA KELAYAKAN RENCANA PENAMBAHAN JUMLAH MESIN PRODUKSI GUNA MEMENUHI PERMINTAAN (Study Kasus Pada PR. Djagung Prima)

Prihatmoko, Norfazri (2011) ANALISA KELAYAKAN RENCANA PENAMBAHAN JUMLAH MESIN PRODUKSI GUNA MEMENUHI PERMINTAAN (Study Kasus Pada PR. Djagung Prima). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dari tahun ketahun jumlah permintaan rokok pada PR. Djagung Prima terus mengalami peningkatan, persoalan dan masalah yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana kapasitas produksi dapat ditingkatkan mengingat volume permintaan semakin meningkat, sedaangkan mesin, peralatan dan tenaga kerja yang tersedia sekarang telah bekerja secara maksimal. Salah satu alternatif yang tepat adalah pihak perusahaan berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan jalan menambah jumlah mesin dan peralatan Untuk menambah jumlah mesin dan peralatan, tenaga kerja harus diperlukan sejumlah analisis yang salah satunya adalah analisa kelayakan, yang bisa mengetahui layak tidaknya penambahan (investasi) mesin dilakukan, salah satu cara dengan menggunakan alat analisis Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index (PI), Payback Period (PP) Dengan demikian perlu dilakukan analisa kelayakan pada PR. Djagung Prima, sehubungan dengan rencana penambahan jumlah mesin dan peralatan diharapkan penegluaran modal yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan produksi di masa mendatang. Dengan mengadakan survey terhadap aspek pasar, aspek teknis, dan aspek finansial Dari aspek pasar diperoleh hasil peramalan jumlah permintaan untuk 7 tahun kedepan menggunakan metode Regresi. Dari analisa aspek finansial perhitungan NPV menghasilkan nilai positif sebesar Rp 154,657,654 (NPV > 0), nilai IRR 24,1% yaitu lebih besar dari MARR yang ditentukan 18%, nilai PI 1,2 (PI > 1) artinya lebih besar dari 1 dan PP 4 tahun 6 bulan 3 Minggu lebih kecil dari periode yang ditetapkan yaitu 5 tahun Maka dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa rencana peningkatan kapasitas produksi dengan jalan menambah jumlah mesin pada PR. Djagung prima layak untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:29
Last Modified: 05 Feb 2015 06:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo