UMM Institutional Repository

ANALISA FAKTOR KERJA TENAGA LISTRIK PADASISTEM DISTRIBUSI AREA JARINGANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MENGGUNAKAN ETAP 7.0. (KAMPUS III GARDU KE-4)

WASESA, GALUH (2013) ANALISA FAKTOR KERJA TENAGA LISTRIK PADASISTEM DISTRIBUSI AREA JARINGANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG MENGGUNAKAN ETAP 7.0. (KAMPUS III GARDU KE-4). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Energi listrik umumnya dibangkitkan oleh pusat pembangkit yang jauh dari perkotaan, dialirkan ke beban yang berupa rumah tangga, industri dan komersil. Dalam proses penyaluran energi listrik ke beban terjadi rugi-rugi, yaitu rugi daya, tegangan jatuh sampai rugi-rugi energi. Hal ini akan sangat merugikan dari segi ekonomi bahkan bisa merusak sistem distirbusi listrik, kemudian yang erat berhubungan dengan beban adalah bagian distribusinya, sehingga pada perkembangannya sistem kelistrikan saat ini telah mengarah pada peningkatan efisiensi dalam pendistribusian energi listrik. Pada tugas akhir ini akan membahas masalah yang terjadi pada sistem distribusi listrik Universitas Muhammadiyah Malang, kemudian dilakukan perbaikan. Setelah melakukan studi kasus dan simulasi dengan metode load flow analysis pada perangkat lunak ETAP 7.0.diketahui terdapat permasalahan, seperti faktor daya kecil dan tegangan jatuh. Dapat diambil contoh pada bus-bus tertentu, seperti Bus 4 R1 B faktor dayanya 80,0% dan Bus 1R1 teganganya 94,67%. Dari data hasil simulasi diatas terbukti bahwa faktor daya dan tegangan tidak berada pada standar PLN, yaitu diatas 85% untuk faktor daya dan 95% - 100% untuk tegangan.Dari data diatas dapat ditemukan solusi, yaitu pemasangan kapasitor bank dengan metode individual, caranya adalah dengan pemasangan pada bus beban yang bermasalah. Setelah itu melakukan tap changer trafo pada trafo distribusi di gardu induk untuk perbaikan tegangan. Hasil dari pemasangan kapasitor bank dan merubah tap changer trafo terbukti adanya perbaikan faktor daya dan profil tegangan dengan data sebagai berikut, Bus 4 R1 B faktor dayanya 90,6% dan Bus 1 R1 teganganya 97,16%. Dari hasil perbaikan ini diharapakan dapat mengurangi kerugian secara ekonomi dan kerusakan sistem distribusi listrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 30 Jan 2015 05:24
Last Modified: 30 Jan 2015 05:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo