UMM Institutional Repository

PEMECAHAN MASALAH HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 01 MALANG.

FAJRIYAH, SUBBIHATUL (2011) PEMECAHAN MASALAH HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah Persamaan Trigonometri. Selain itu, mendeskripsikan juga penerapan pembelajaran pemecahan masalah heuristik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan Trigonometri. Strategi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran dengan pemecahan masalah heuristik IV pada materi Persamaan Trigonometri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 10 Maret-26 Maret 2010 pada semester genap tahun ajaran 2010-2011 dikelas X-2 SMA Negeri 01 Malang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 01 Malang kelas X-2 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan dan memberikan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan pemecahan masalah heuristik IV pada materi sistem persamaan trigonometri menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 61,8%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,1%. Hasil belajar siswa berdasarkan pengamatan juga mengalami peningkatan, yaitu 39,5% pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. Disamping itu, berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan diperoleh data mengenai hasil belajar siswa yang mencapai 89,5%. Prosentase tersebut mengartikan bahwa taraf keberhasilan tindakan pada siklus II telah mencapai target ketuntasan klasikal sebesar 75% dan dikategorikan sangat baik. Jadi penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah mencapai target ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Gusti Vani Putri Cahya
Date Deposited: 29 Jan 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2015 06:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo