UMM Institutional Repository

ANALISA BIAYA OPERASIOANAL KENDARAAN PENGANGKUT SAMPAH KOTA BATU (Studi Kasus Pada TPS di Kecamatan Batu)

IMAMA, A. NUR YUDHI (2013) ANALISA BIAYA OPERASIOANAL KENDARAAN PENGANGKUT SAMPAH KOTA BATU (Studi Kasus Pada TPS di Kecamatan Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendaraan yang lalu-lalang tidak hanya warga local saja, tetapi warga dari luar kota juga banyak berdatangan. Sehingga menimbulkan kepadatan arus lalu lintas dan menyebabkan seluruh aktifitas kendaraan yang lalu-lalang di Kota Batu tidak berjalan normal, termasuk kendaraan pengangkut sampah. Dampaknya pada Pemerintah Dinas Kebersihan yang harus memperhitungkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pengangkut sampah. Maka perlu pemilihan rute untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas, karena penggunaan bahan bakar truck pengangkut sampah yang terjebak kemacetan dalam operasionalnya akan lebih banyak dibandingkan pada saat lalu-lintas normal. Tujuan dari studi adalah untuk mengetahui berapa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pengangkut sampah dari TPS kecamatan Batu ke TPA tlekung saat ini dan mengetahui berapa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pengangkut sampah pada rute alternatif dari TPS kecamatan Batu ke TPA tlekung. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah PCI Vehicle Operating Cost Model diperkenalkan oleh PCI Inc. Tokyo-Jepang untuk perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan analisa rute ini mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia tahun 1997 untuk mengetahui kinerja pada ruas yang dilalui oleh kendaraan truk pengangkut sampah, sehingga dapat memberikan penilaian mengenai kecepatan dan waktu tempuh. Dari hasil perhitungan TOTAL Biaya Opersional Kendaraan (BOK) Truk pengangkut sampah untuk seluruh TPS Kecamatan Batu, sebesar :Rp 19,498,417.-/bln sedangkan analisa biaya retribusi yang harus dibayar oleh masyarakat yaitu sebesar Rp. 995/KK/bln.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 27 Jan 2015 02:53
Last Modified: 27 Jan 2015 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo