UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS I SEKOLAH DASAR LUAR BIASA JAYA PUTRA MALANG

RIFAH, FATHINIYAH (2010) PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS I SEKOLAH DASAR LUAR BIASA JAYA PUTRA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan pada kemampuan intelektual yang disebabkan kerusakan fungsi saraf. Perkembangan belajar anak normal dengan anak autis memiliki beberapa perbedaan terutama pada bidang kognitifnya, pendidikan di sekolah autis dengan di sekolah anak normal pada dasarnya adalah sama, yang berbeda hanya pada tingkat pencapaianya. Karena anak autis merupakan anak yang memiliki penyimpangan perilaku dan hambatan berfikir, maka dimungkinkan anak autis mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika akan jauh terasa lebih muda jika dijelaskan dengan media pembelajaran berupa benda secara konkret. Penelitian ini mengambil masalah bagaimana keterlaksanaan pembelajaran materi bangun ruang sederhana pasa siswa autis kelas I Sekolah Dasar Luar Biasa jaya Putra Malang dan bagaimana prestasi belajar matematika siswa autis kelas I Sekolah Dasar Luar Biasa Jaya Putra Malang dengan menggunakan media bangun ruang sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara, metode dokumentasi dan analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian selama empat kali pertemuan aktivitas guru terletak pada kriteria aktif , aktivitas siswa juga termasuk pada kriteria aktif, maka sesuai dengan ketentuan keterlaksanaan pemanfaatan media bangun ruang sederhana yaitu (1) aktivitas guru minimal dalam kriteria cukup aktif (2) kriteria aktivitas siswa pada kategori aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media bangun ruang ruang sederhana dalam pembelajaran matematika memenuhi kriteria keterlaksanaan. Prestasi belajar siswa autis lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) terhadap pembelajaran matematika melalui pemanfaatan media bangun ruang sederhana. Hal ini terlihat pada tabel 4.6 rata-rata hasil evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajaran pada pertemuan I, II dan IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Gusti Vani Putri Cahya
Date Deposited: 23 Jan 2015 08:36
Last Modified: 23 Jan 2015 08:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo