UMM Institutional Repository

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus Ostreatus)

SUNARDI, SUNARDI (2013) PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus Ostreatus). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan Secara umum untuk mempercepat masa panen dan meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen jamur tiram putih. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih pada pemberian air kelapa dengan dosis berbeda.Hipotesa dari penelitian ini adalah : Diduga terdapat pengaruh pada perlakuan pemberian air kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih. Penelitian ini dilaksanakan di rumah jamur Pusat Pengembangan Bioteknologi Universitas Muhammadiyah Malang, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, dengan ketinggian tempat sekitar 500 m dpl. Penelitian di laksanakan pada bulan Mei 2009 sampai Juli 2009.Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggaris, timbangan, alat penyuntik (injector), alcohol dan panci buat sterilisasi alat penyuntik. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Baglog jamur tiram putih penuh miselium dengan komposisi serbuk gergaji kayu 100 kg, tepung jagung 8 kg, bekatul 16 kg, kapur 1 kg, air 60 %, plastik ukuran 2 kg, cincin Log, karet gelang dan kertas bungkus (standar unit produksi jamur pusat perkembangan bioteknologi UMM) dan air kelapa muda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) sederhana, terdapat faktor perlakuan yang terdiri dari 5 level dan diulang 4 kali. Setiap ulangan terdiri dari 4 sampel. Dari faktor tersebut diperoleh 5 level yaitu : D0 = Jamur Tiram Putih tanpa pemberian dosis, D1 = Jamur Tiram Putih + Air kelapa 3 cc, D 2, = Jamur Tiram Putih + Air kelapa 6 cc, D3 = Jamur Tiram Putih + Air kelapa 9 c, cD4 = Jamur Tiram Putih + Air kelapa 12 cc Variabel pengamatan meliputi saat muncul primordial badan buah, jumlah badan buah, diameter badan buah, berat segar jamur dan efisiensi biologis (%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Bahwa kenaikan dosis air kelapa semakin tinggi akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih, perlakuan pemberian dosis (D1) 3 CC dari air kelapa dapat memberikan hasil jamur tiram putih dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 23 Jan 2015 06:32
Last Modified: 23 Jan 2015 06:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo