UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-C SMP RADEN FATAH BATU

HANIYAH, HANIYAH (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-C SMP RADEN FATAH BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PMR merupakan suatu pendekatan yang perlu adanya pengaitan antara matematika dengan realita dan dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa didorong untuk kreatif dan membicarakan hal-hal yang sesuai dengan realita yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana penerapan model PMR pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga di SMP Raden Fatah Batu, (2) sejauahmana peningkatan kreativitas siswa pada pembejaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga menggunakan model pembelajaran PMR di SMP Raden Fatah Batu, (3) bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga menggunakan model pembelajaran PMR di SMP Raden Fatah Batu, (4) bagaimana tingkat ketuntasan belajar pelajaran matematika pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga siswa setelah penerapan model PMR di SMP Raden Fatah Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Raden Fatah Batu tahun ajaran 2009/2010 dengan materi keliling dan luas segitiga. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan juga tes. Lembar observasi yang digunakan yaitu untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa secara lisan, tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen, kemampuan komunikasi secara tulisan, dan tes ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan berpikir divergen menggunakan model PMR pada siklus I sebesar 61.71% dan mengelami peningkatan pada siklus II sebesar 70.73%, (2) kemampuan komunikasi matematika siswa secara lisan menggunakan model PMR pada siklus I sebesar 59.82% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 75.17%, (3) kemampuan komunikasi matematika siswa secara tulisan menggunakan model PMR pada siklus I sebesar 60.11% dan meningkat pada siklus II sebesar 76.23%, (4) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60.71% tidak tuntas, pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 85.71%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Gusti Vani Putri Cahya
Date Deposited: 23 Jan 2015 06:24
Last Modified: 23 Jan 2015 06:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo