UMM Institutional Repository

"ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET SULTAN AGUNG KEPANJEN"

Baihaqi, Muhamad (2011) "ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET SULTAN AGUNG KEPANJEN". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian barang dan jasa. Mempelajari dan menganalisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian adalah hal yang penting, sebab dengan pengetahuan dasar yang baik mengenai perilaku konsumen akan dapat memberi masukan yang berarti bagi perencanaan strategi perusahaan. Dalam analisis perilaku konsumen perlu dikaji dasar pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di tingkat retail. Selain itu untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di tingkat retail. Penelitian ini dilakukan di Indomaret Sultan Agung no. 85 A Kepanjen. Daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purpose) sesuai dengan tujuan penelitian yakni Indomaret Sultan Agung Kepanjen Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan jumlah sampelnya 65 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama. Dari penelitian diperoleh bahwa karakteristik perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di tingkat retail adalah konsumen pria yang berusia 16-25 tahun, berlatar belakang pendidikan SMU, berprofesi sebagai pelajar, dengan jarak rumah kurang dari satu kilometer. Variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di tingkat retail secara simultan adalah lokasi Indomaret (X1), produk di Indomaret (X2), harga di Indomaret (X3), suasana di dalam Indomaret (X4), pelayanan di Indomaret (X5) dan promosi oleh Indomaret (X6). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 1,582 dengan tingkat signifikan 0,169. Variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di tingkat retail secara parsial variabel lokasi Indomaret (X1) yang nilai t hitung sebesar 1,525, pelayanan di Indomaret (X5) yang nilai t hitung sebesar 1,056 dan promosi oleh Indomaret (X6) yang nilai t hitung sebesar 1,205 semua t hitung tersebut lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan 80% sebesar 0,678.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 22 Jan 2015 07:31
Last Modified: 22 Jan 2015 07:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo