UMM Institutional Repository

ANALISIS POLA BAGI HASIL MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MALANG

Karim, Ririn Hindun M. (2013) ANALISIS POLA BAGI HASIL MUDHARABAH PADA PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolak ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah. Bank muamalat sebagai bank syariah pertama dan menjadi prioner bagi bank syariah lainnya telah lebih dahulu menerapkan sistem ini ditengah menjamurnya bank-bank konvensional (BI,2012). Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 telah menenggelamkan bank-bank konvensional dan banyak yang dilikuidasi karena kegagalan sistem bunganya. Sementara perbankan yang menerapkan sistem syariah dapat tetap eksis dan mampu bertahan. Tidak hanya itu, di tengah-tengah krisis keuangan global yang melanda dunia pada penghujung akhir tahun 2008, lembaga keuangan syariah kembali membuktikan daya tahannya dari terpaan krisis. Lembaga-lembaga keuangan syariah tetap stabil dan memberikan keuntungan, kenyamanan serta keamanan bagi para pemegang sahamnya, pemegang surat berharga, peminjam dan para penyimpan dana di bank-bank syariah. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan bank Muamalat melewati krisis yang terjadi pada tahun 1998. Berdasarkan data bank Indonesia bank Muamalat menunjukkan kinerja yang semakin meningkat dan tanpa mengikuti program penyehatan perbankan. Tujuan dari penelitian ini dapat dilihat dari perumusan masalah penelitian yang telah dijelaskan, tujuan penelitian ini yang pertama adalah bagaimana pola bagi hasil mudharabah yang diterapkan pada perbankan syariah dikota malang dan untuk mengkaji bagaimana pola bagi hasil mudharabah yang di terapkan pada perbankan syariah di kota malang. Hasil analisis menunjukan bahwa Pola bagi hasil mudharabah yang diterapkan pada Perbankan Syariah Dikota Malang dalam melakukan perhitungan bagi hasil menggunakan cara- cara tersendiri yaitu sudah merupakan suatu ketetapan berdasarkan kantor pusat yang telah diterapkan oleh bank syariah. Metode bagi hasil yang diterapkan pada perbankan syariah adalah metode revenue sharing karena menurut Fatwa Dewan Syariah No. 15/DSN-MUI/IX/2000 bahwa untuk saat ini revenue sharing (bagi pendapatan) lebih maslahat dari pada profit sharing (bagi laba). Sebelum ada kesepakatan kedua belah pihak antara bank dan nasabah terciptalah tawar menawar atau negosiasi diantara kedua belah pihak, Masing - masing perbankan syariah telah menggunakan analisa 5C (Character, Capacity, Collateral Capital & Condition.)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 15 Jan 2015 07:50
Last Modified: 15 Jan 2015 07:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo