UMM Institutional Repository

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGELUARAN KAS PADA PT. PG KREBET BARU

RAHAYU, IDA FIA (2012) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGELUARAN KAS PADA PT. PG KREBET BARU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karena kas merupakan aktiva yang rawan dimanipulasi, hal ini mendorong perusahaan untuk melakukan pengendalian terhadap kas, serta penataan sistem akuntantansi yang baik terhadap pengeluaran kas. Sistem pengendalian intern yang efektif merupakan komponen penting dalam sebuah perusahaan, dan menjadi dasar dalam kegiatan operasional perusaan yang sehat dan baik. Analisis struktur organisasi pada PT. PG. Krebet Baru telah memenuhi syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban dimana terdapat pemisahan fungsi dan tanggungjawab dengan jelas diantara unit-unit organisasi. Analisis sistem wewenang dan prosedur pencatatan pada PT. PG. Krebet Baru diketahui bahwa pelaksanaan sistem otorisasi dan prosedur pencatatan dilakukan secara efisien dimana formulir diarsipkan sesuai tanggal dan abjad. Prosedur pengeluaran kas pada PT. PG. Krebet Baru dapat dikatakan sistem pengendaliannya belum efektif, hal ini dibuktikan dengan adanya persetujuan langsung (tanpa diteliti kembali) yang dilakukan oleh Kabag.TUK untuk pembayaran langsung tagihan. Analisis praktek yang sehat pada PT. PG. Krebet Baru Berikut cara dalam pengambilan keputusan untuk permintaan barang, pengadaan barang dan penerimaan barang PT. PG. Krebet Baru menggunakan formulir bernomor urut tercetak, yang pemakaiannya dapat dipertanggungjawabkan oleh pihak yang berwenang. Pemeriksaan dilakukan secara mendadak agar karyawannya dapat melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada. Dalam hal ini karyawan dituntut untuk bekerja dengan baik dan teliti. Pemeriksaan dilakukan empat kali dalam sebulan. Pencocokan fisik kekayaan perusahaan dengan catatannya. Hal ini dilakukan guna menjaga asset perusahaan. Serta pembentukan unit organisasi yang bertugas mengawasi sistem pengendalian. Namum dalam hal ini Rotasi jabatan jarang dilakukan karena perusahaan beranggapan bahwa dengan seringnya dilakukan rotasi akan mengakibatkan resiko yang tinggi. Analisis karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggungjawab, Tingkat kualitas karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab pada PT. PG. Krebet Baru (untuk pengeluaran kas) dapat dikatakan sudah memenuhi syarat, hal ini dubuktikan dengan adanya persyaratan bagi calon karyawan yaitu minimal berpendidikan SMA dan karyawan tersebut juga harus memiliki keahlian dibidangnya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan mampu meningkatkan penerapan sistem dan prosedur pengeluaran kas dengan harapan mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Kabag. TUK lebih teliti kembali sebelum menyatujui dan menandatangani SPP, SJ, Nota, FP, BBM, dan BKK. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan penyimpangan yang terjadi.Melakukan Rotasi jabatan, hal ini untuk mencegah terjadinya praktek yang tidak baik. Rotasi ini bisa dilakukan dalam lingkup yang masih sama misalnya staf akuntansi dipindah ke bagian keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 14 Jan 2015 06:39
Last Modified: 14 Jan 2015 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo