UMM Institutional Repository

EVALUASI EFEKTIVITAS BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) DALAM PENYALURAN KREDIT DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH (STUDI BKM KELURAHAN TLOGOMAS MALANG)

Sari, Sandra Yunita (2012) EVALUASI EFEKTIVITAS BADAN KESWADAYAAN MASYARAKAT (BKM) DALAM PENYALURAN KREDIT DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH (STUDI BKM KELURAHAN TLOGOMAS MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BKM merupakan lembaga masyarakat yang menangani pementasan kemiskinan pada suatu wilayah kelurahan/desa. Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) memiliki aktivitas utama yaitu penyaluran kredit pada masyarakat.Pada BKM perlu adanya proses evaluasi penyaluran dan penyelesaian kredit bermasalah karena banyak kecurangan yang terjadi pada BKM. Maka peneliti tertarik mengambil judul penelitian yaitu ”Evaluasi Efektivitas BKM Dalam Penyaluran Kredit dan Penyelesaian Kredit Bermasalah (Studi Pada BKM Kelurahan Tlogomas Malang)”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah Bagaimana proses penyaluran kredit pada BKM Kelurahan Tlogomas Malang, Apakah penyaluran kredit di BKM Kelurahan Tlogomas Malang sudah efektif, Upaya apa yang dilakukan BKM Kelurahan Tlogomas Malang dalam penyelesaian kredit bermasalah. Berdasarkan uraian diatas tujuan penelitian ini adalah Untuk mengkaji proses penyaluran kredit pada BKM Kelurahan Tlogomas Malang, Untuk mendeskripsikan apakah penyaluran kredit BKM Kelurahan Tlogomas sudah efektif, Untuk memberikan solusi atas upaya BKM Kelurahan Tlogomas Malang untuk menyelesaikan kredit bermasalah. Lokasi penelitian pada BKM yang ada di Kelurahan Tlogomas. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data wawancara dan dokumen dilakukan dengan melakukan analisis dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Proses/tahapan peyaluran kredit pada BKM Kelurahan Tlogomas Kota Malang sudah baik. sudah sesuai berdasarkan atas Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan oleh PNPM. Proses/tahapan peyaluran kredit pada BKM Kelurahan Tlogomas Kota Malang sudah efektif tetapi pada tahap putusan dalam proses penyalurannya kurang adanya dokumentasi/pengarsipan tentang pengajuan kredit KSM yang kesekian kalinya ditolak sehingga bisa digunakan BKM dalam memberikan putusan kredit. Pada penentuan kategori pinjaman bermasalah dan pola penyelesaian pinjaman bermasalah pada BKM Kelurahan Tlogomas Malang sudah baik tetapi pada pola penyelesaian pinjaman bermasalah IV dan V pada BKM Kleurahan Tlogomas Malang masih belum dilakukan BKM Kelurahan Tlogomas Malang hanya memakai polisi dan tentara kelurahan saja dan masih belum menggunakan jalur hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 13 Jan 2015 05:34
Last Modified: 13 Jan 2015 05:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo