UMM Institutional Repository

Pengukuran Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kediri Berdasarkan Metode Value For Money

Sriyono, Wulandari Ayuningtyas (2013) Pengukuran Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kediri Berdasarkan Metode Value For Money. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pengukuran kinerja sektor publik adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu manajer publik menilai pencapaian suatu strategi melalui alat ukur finansial dan non finansial. Pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan menggunakan metoda balance scorecard, rasio analysis dan value for money analysis. Namun yang paling sering digunakan dalam pengukuran kinerja sektor publik yaitu balance scorecard dan value for money analysis. Balance scorecard lebih komprehensif, koheren, dan terukur, sedangkan value formoney bermanfaat untuk memberikan pemahaman mengenai ukuran yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen, memberikan arah untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan, sebagai alat komunikasi antara bawahan dan pimpinan dalam rangka memperbaiki kinerja organisasi, serta memastikan pengambilan keputusan dilakukan secara objektif. Sistem Pengelolaan keuangan daerah yang baik diperlukan untuk pengelola dana secara transparan, ekonomis, efesien, efektif, dan akuntabel. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja keuangan Pemerintah Kota Kediri Berdasarkan metode value for money pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2008-2010. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Rasio Ekonomis, Efisiensi, dan Efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rasio ekonomi kinerja Pemerintah Kota Kediri tahun 2008-2010 secara kesuluruhan sudah ekonomis, hal ini dikarenakan nilai yang dicapai kurang dari 100% dengan rata-rata pertahunnya sebesar 88,41% yang artinya biaya yang terealisasi lebih kecil dari anggaran yang ditargetkan yang berakibat adanya sisa dana, hal ini di sebabkan karena penentuan anggaran dan realisasi belanja atau pengeluaran pada Pemerintah Kota Kediri tepat, dimana kelebihan anggaran yang cukup besar disetiap tahunnya. 2) Rasio Efesiensi kinerja Pemerintah Kota Kediri pada tahun 2008 sampai dengan 2010 sebesar 0,28% yang artinya efisien karena angka prosentasenya kurang dari 100%. Dan telah sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri no. 29 tahun 2009 tentang pedoman penyusunan APBD bahwa target penerimaan pajak daerah tidak melebihi 5%. Hasil efisiensi Pemerintah Kota Kediri kurang dari 5% karena realisasi biaya kegiatan yang dilakukan pada Pemerintah Kediri telah memenuhi target, hal ini disebabkan karena realisasi biaya lebih kecil dibandingkan realisasi pendapatannya. 3) Rasio Efektifitas kinerja Pemerintah Kota Kediri secara keseluruhan pada tahun 2008-2010 sudah efektif dengan prosentase sebesar 103,11% yang artinya angka prosentasenya melebihi angka 100%, hal ini disebabkan karena penentuan realisasi pendapatan pada Pemerintah Kota Kediri yang tepat atau disebabkan karena realisasi pendapatan lebih besar dari anggaran yang telah ditagetkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:12
Last Modified: 13 Jan 2015 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo