UMM Institutional Repository

PENERAPAN SAK ETAP PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD BATU MALANG

Farella, Muhammad Auriza (2012) PENERAPAN SAK ETAP PADA PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD BATU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan SAK ETAP pada penyajian laporan keuangan pondok pesantren Al-Irsyad Batu Malang. Dalam penelitian ini untuk menyajikan laporan keuangan sesuai standar SAK ETAP, peneliti memulai dari awal siklus akuntansi sampai pada nantinya menjadi sebuah laporan keuangan yang sesuai standar. Karena pada penyajian laporan keuangan yang dilakukan pondok pesantren hanya berupa laporan bulanan yang bersifat catatan kas masuk da kas keluar. Tehapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yang pertama adalah mendiskripsikan bagaimana perlakuan akuntansi yang ada pada pondok pesantren, yang kedua menganalisis setiap unsur-unsur laporan keuangan pondok pesantren dengan mengacu pada SAK ETAP, kemudian yang ketiga adalah penyjian laporan keuangan pondok pesantren sesuai SAK ETAP. Hasil analisis yang dilakukan peneliti setelah peneliti menganalisisi setiap unsur-unsur laporan keuangan pondok pesantren dengan mengacu pada SAK ETAP menunjukkan bahwa setiap unsure yang disajikan pada laporan keuangan pondok pesantren yang meliputi pengakuan, pengukuran dan penyajian belum mengacu pada standar, sehingga informasi yang diberikan tidak sesuai dengan karakteristik laporan keuangan. Hasil penelitian ini berupa laporan keuangan pada periode 2011 yang telah sesuai dengan SAK ETAP pada setiap unsur-unsur laporan keuangan pondok pesantren yang meliputi pengakuan, pengukuran dan penyajiaanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 13 Jan 2015 03:08
Last Modified: 13 Jan 2015 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo