UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PADA PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN MOJOKERTO

CHOIRIYAH, SITI NUR (2011) ANALISIS KINERJA KEUANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) PADA PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada Pemerintah Kota dan Kabupaten Mojokerto dengan judul "Analisis Kinerja Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Pada Pemerintah Kota Mojokerto dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto". Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam mengelola keuangannya. Dan untuk mengetahui kinerja keuangan manakah yang paling baik diantara kedua daerah tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah Rasio Kinerja Keuangan Daerah yang terdiri dari: Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas dan Efisiensi, Rasio Aktivitas/Keserasian, Rasio Pertumbuhan. Dari hasil perhitungan dalam penelitian ini, menunjukan bahwa rasio kemandirian Pemerintah Kota Mojokerto mengalami kanaikan dengan rata- rata per tahunnya sebesar 8,62%, sedangkan Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengalami penurunan dengan rata-rata pertahunnya sebesar 9.06%. hal ini berarti bahwa kemandirian Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Mojokerto sudah cukup baik dalam membiayai sendiri kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat meskipun masih terdapat ketergantungan terhadap pihak ekstern. Rasio efektifitas pada Pemerintah Kota dan Kabupaten Mojokerto pada umumnya sudah dikatakan efektif karena rasio efektifitasnya menunjukan lebih dari 100% dengan rata-rata pertahun Pemerintah Kota sebesar 124,20%, sdangkan Untuk Pemerintah Kabupaten Mojokerto sebesar 113,62%. Rasio efisiensi Pemerintah Kota Mojokerto menunjukkan adanya fluktuasi dari tahun ke tahunnya dengan rata-rata sebesar 4,26%, Sedangkan Pemerintah Kabupaten menunjukkan adanya kenaikan dari tahun ke tahun dengan rata-rata sebesar 4,47%. Hal ini menunjukkan bahwa rasio efisiensi pada kedua Pemerintahan tersebut sudah baik atau efisien karena hasil rasionya menunjukan kurang dari 1 atau 100%. Rasio aktivitas menunjukan bahwa Pemerintah Kota dan Kabupaten Mojokerto dalam mengalokasikan dana belanjanya lebih memperioritaskan belanja operasi (rutin) dibandingkan belanja modal (pembangunan). Rasio Pertumbuhan PAD Pemerintah Kota dan Kabupaten Mojokerto sama-sama mengalami penurunan dari tahun ke tahun dengan rata-rata sebesar 17,74% untuk Kota Mojokerto, sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten Mojokerto rata-rata sebesar 9,56%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kedua daerah dalam mempertahankan dan meningkatkan keberhasilannya yang telah dicapai dari periode ke periode berikutnya masih kurang baik dikarenakan rasio pertumbuhan pendapatannya selalu mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 09 Jan 2015 07:48
Last Modified: 09 Jan 2015 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo