UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PADA PG MODJOPANGGOONG

Ani, Nurlianti (2014) ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PADA PG MODJOPANGGOONG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis serta mengetahui apakah biaya produksi yang dilakukan oleh PG Modjopanggoong sudah efisien jika ditinjau dengan menggunakan analisis selisih biaya produksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus karena perusahaan yang diteliti bersifat tunggal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis selisih biaya produksi yang meliputi, analisis selisih biaya bahan baku yang terdiri dari selisih harga bahan baku dan selisih kuantitas bahan baku, analisis biaya tenaga kerja langsung yang terdiri dari selisih tarif upah dan selisih upah langsung, sedangkan analisis biaya overhead pabrik menggunakan metode empat selisih yang terdiri dari selisih anggaran, selisih kapasitas, selisih efisiensi variabel dan tetap. Pengukuran tingkat efisiensi biaya produksi terdiri dari efisiensi biaya bahan baku tebu sendiri, biaya tenaga kerja langsung tebu sendiri dan biaya overhead pabrik tebu sendiri. Hasil dari analisis selisih dan pengukuran tingkat efisiensi biaya produksi yang penulis lakukan pada periode tahun 2012 memiliki dua kondisi yaitu menguntungkan untuk perusahaan atau merugikan untuk perusahaan. Hasil yang menguntungkan tersebut terjadi pada perhitungan selisih harga bahan baku pada tebu sendiri, selisih tarif upah tenaga kerja langsung, selisih anggaran pada tebu rakyat, selisih kapasitas pada tebu sendiri, dan selisih efisiensi tetap dan variabel pada tebu rakyat. Sedangkan untuk hasil yang merugikan untuk perusahaan terjadi pada perhitungan selisih kuantitas bahan baku pada tebu sendiri, selisih efisiensi upah, selisih anggaran pada tebu sendiri, selisih kapasitas pada tebu rakyat, selisih efisiensi tetap dan variabel pada tebu sendiri. Sementara itu, untuk pengukuran tingkat efisiensi biaya produksi tebu sendiri menunjukkan bahwa efisiensi biaya produksi masih belum bisa dicapai. Berdasarkan hasil analisis di atas, penulis menyimpulkan bahwa sistem biaya standar yang cocok digunakan perusahaan yaitu sistem standar pelaksanaan terbaik yang dapat dicapai dalam menyusun standar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Halimatus Zahroh
Date Deposited: 08 Jan 2015 04:44
Last Modified: 08 Jan 2015 04:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/14520

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo