VISUALISASI MATERI FUNGSI MATEMATIKA MENGGUNAKAN EDUBUNTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Rahayu, Oni (2010) VISUALISASI MATERI FUNGSI MATEMATIKA MENGGUNAKAN EDUBUNTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
VISUALISASI_MATERI_FUNGSI_MATEMATIKA_MENGGUNAKAN_EDUBUNTU_SEBAGAI_MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari suatu bidang studi membutuhkan alat atau media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer, agar diharapkan siswa dapat memahami bidang studi tersebut, serta mendapatkan skill dibidang teknologi informasi. Suatu materi pelajaran yang bersifat abstrak dapat dibuat menjadi kongkrit ketika ada visualisasinya. Edubuntu merupakan salah satu perkembangan dari Linux yang memiliki aplikasi untuk mempermudah proses pembelajaran. Aplikasi yang di gunakan adalah Qtoctave. Salah satu kelebihannya adalah mempermudah untuk menampilkan suatu grafik fungsi. Tujuan dalam memvisualisasikan grafik fungsi menggunakan Edubuntu adalah untuk mengetahui bentuk visualisasi materi fungsi matematika yaitu pada grafik fungsi kuadrat dimensi dua dalam menggunakan Edubuntu dan mengetahui cara perhitungan fungsi kuadrat menggunakan Edubuntu serta mengetahui respon siswa terhadap visualisasi fungsi dengan menggunakan aplikasi Edubuntu. Visualisasi grafik fungsi menggunakan Edubuntu ini menggunakan jenis kajiaan library research yaitu studi literatur kajian perpustakaan yang materi dan bahannya adalah tentang fungsi yaitu: pengertian fungsi, sifat fungsi, menggambar grafik fungsi menggunakan aplikasi Edubuntu dan dilakukan ujicoba pada siswa SMA kelas X. Hasil ujicoba yang telah dilakukan pada siswa kelas X di SMU Negeri 2 adalah 40 orang siswa yang ikut dalam uji coba dapat diketahui bahwa 90% respon siswa sangat baik terhadap pembelajaran menggunkan Edubuntu, hal tersebut dapat dilihat pada hasil analisis respon siswa yang rata-rata di atas 80 %. Dari 40 siswa yang menjadi responden, 30 siswa yang senang dan merespon positif pembelajaran menggunakan Edubuntu dengan prosentase mencapai 90%, sedangkan sisanya yaitu 10 orang siswa kurang senang dan merespon negatif terhadap pembelajaran dengan menggunakan Edubuntu dengan prosentase 10%, dengan kata lain bahwa pembelajaran mengunakan Edubuntu mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa sesuai dengan prosentase kriteria antara 80% ≤ R ≤ 100%, yaitu sebesar 90%. Hal ini terlihat dari skor jawaban responden yang sebagian besar siswa sangat senang dan senang terhadap pembelajaran menggunakan Edubuntu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Mar 2012 02:19
Last Modified: 30 Mar 2012 02:19
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item