DAMPAK PENGALIHAN PELAYANAN LISTRIK DARI KOPERASI LISTRIK PEDESAAN (KLP) “SINAR RINJANI” KE PLN DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RULIYA, NOPI (2006) DAMPAK PENGALIHAN PELAYANAN LISTRIK DARI KOPERASI LISTRIK PEDESAAN (KLP) “SINAR RINJANI” KE PLN DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
DAMPAK_PENGALIHAN_PELAYANAN_LISTRIK_DARI_KOPERASI_LISTRIK_PEDESAAN.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Masalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), akhir-akhir ini menjadi masalah yang semakin serius setiap harinya bahkan berdampak terhadap pelayanan listrik yang tidak stabil secara langsung meresahkan masyarakat. Akibat pelayanan listrik tersebut menimbulkan berbagai isu dan kecemburuan sosial antara masyarakat dengan instansi-instansi terkait, tidak jarang menimbulkan konflik dan tentu saja menjadi masalah yang harus di selesaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur. Dengan melihat masalah yang di hadapi oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur khususnya Kecamatan Aikmel, salah satunya adalah masalah kelistrikan yang mendorong pemerintah mengatasi masalah tersebut dengan jalan merespon tuntutan masyarakat untuk mengalihkan listrik dari Koperasi Listrik Pedesaan “Sinar Rinjani” ke PLN agar masyarakat tidak terbebani dengan biaya yang selama ini cukup berat. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif yang berusaha untuk menganalisis data dan menyajikan data untuk memecahkan masalah-masalah yang di hadapi, sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan analisis data. Dalam pengalihan listrik tersebut masyarakat pelanggan PLN lama sering mengeluh karena adanya proses pengalihan listrik yang mengakibatkan terganggunya penyalaan listrik namun bagi masyarakat bekas KLP “Sinar Rinjani” merasa lega karena tidak terbebani lagi dengan biaya yang mahal dari sebelumnya dan mendapatkan pelayanan yang stabil dari PLN serta dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, namun dengan adanya pengalihan listrik tersebut terdapat dampak baik positif maupun negatif bagi masyarakat maupun bekas pegawai Koperasi Listrik Pedesaan “Sinar Rinjani”. Dengan demikian, kesimpulan yang dapat di ambil yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dan PT.PLN (Persero) Ranting Selong berupaya untuk memberikan pelayanan kelistrikan yang lebih baik dari sebelumnya demi kepuasan masyarakat, dan juga menyediakan sarana dan prasaranan yang lengkap dalam hal kelistrikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pelanggan. Adapun saran-saran yang penulis berikan yaitu supaya PLN dalam memberikan pelayanannya menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal pembacaan meter untuk lebih di teliti agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan pembengkakan biaya listrik. Selain itu Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur sebaiknya memberikan jalan keluar bagi pegawai bekas Koperasi Listrik Pedesaan “Sinar Rinjani” untuk mendapat pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:37
Last Modified: 26 Jul 2012 06:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item