PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM MENENTUKAN EXPECTED RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Asuransi yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004)

ROSIDA, BINTI (2006) PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM MENENTUKAN EXPECTED RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Asuransi yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_METODE_CAPITAL_ASSET_PRICING_MODEL.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul penerapan Metode Capital Asset Pricing Model (CAPM), dalam menentukan expected return perusahaan. Metode CAPM ini menjelaskan keseimbangan antara tingkat resiko sistematis dan tingkat keuntungan yang disyaratkan sekuritas portofolio. CAPM merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk mengestimasi keuntungan dimasa yang akan datang dari portofolio. Penulis mengambil perumusan masalah bagaimana menentukan expected return perusahaan asuransi yang terdaftar di BEJ. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan expected return masing- masing saham perusahaan asuransi. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Objek penelitian adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di BEJ dengan populasi sebanyak 11 perusahaan dan sampel diambil 10 perusahaan. Data dalam penelitian ini diambil dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan JSX Statistics Monthly tahun 2000 – 2004. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan analisis Capital Asset Pricing Model (CAPM) dapat diketahui besarnya expected return, masing-masing saham perusahaan asuransi dan dapat disimpulkan bahwa E(Ri) tertinngi diperoleh PT. Asuransi Harta Aman Pratama yaitu sebesar 0,688520, sedangkan E(Ri) terrendah diperoleh PT. Lippo General Insurance yaitu sebesar -0,805838. Dalam menentukan expected return sebaiknya investor menggunakan metode CAPM. Metode ini dapat digunakan sebagai bahan referansi sebelum investor melakukan investasi di pasar modal. Jika E(Ri)Ri maka sekuritas mengalami overvalued dan keputusan investasi yang bisa diambil para investor adalah melakukan jual atau divestasi. Untuk Peneliti selanjutnya hendaknya memperhatikan sampel yang dijadikan objek penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:11
Last Modified: 26 Jul 2012 06:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item