PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN BERPROGRAMAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas 1 SMP Muhammadiyah 1 Malang)

Rahmawati, Eni (2006) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN BERPROGRAMAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas 1 SMP Muhammadiyah 1 Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_MENGGUNAKAN_METODE_PENGAJARAN_BERPROGRAMAN_DALAM_UPAYA_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_SISWA.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dapat digunakan, karena siswa bisa aktif untuk memperoleh pengetahuan. Sebagai salah satu alternatif pengembangan LKS adalah adanya Metode Pengajaran Berprograma dengan menggunakan Lembar Kegiatan Berprograma (LKB). Metode ini sama seperti LKS pada umumnya, tetapi LKB dalam Metode Berprograma disertai jawaban. Apabila siswa salah menjawab dalam programa tersebut siswa dibimbing untuk memperoleh jawaban yang benar. Dengan demikian siswa dapat berinteraksi secara aktif dan mengetahui perkembangan belajarnya setiap saat. Pembelajaran yang terencana, tepat serta mencakup usaha melatihkan kemampuan belajar mandiri siswa sangat diperlukan. Metode pembelajaran individual (Individualized Instruction) mempunyai sasaran untuk memberikan kesempatan perkembangan pribadi, kreativitas, dan semangat belajar mandiri setiap individu siswa yang bersangkutan. Metode pembelajaran tersebut adalah metode pengajaran berprograma yaitu suatu usaha pembelajaran sistematis yang dirancang untuk mengatasi setumpuk kelemahan yang melekat pada pengajaran kelompok siswa yang besar dan mengimplementasikan langkah – langkah instruksional, sehingga semua siswa didampingi dalam belajarnya secara seefisien, dan seefektif mungkin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode pengajaran berprograma terhadap prestasi atau hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui tanggapan siswa tentang metode pengajaran berprograma pada pelajaran matematika dalam hal tingkat kemudahan, tingkat efisiensi dan penguasaan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas 1 SMP Muhammadiyah di Malang. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMP Muhammadiyah 1 Malang. Pengambilan sampelnya dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana pada teknik ini penetapan sampel oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan: untuk uji normalitas dengan menggunakan normality plots with test, uji homogenitas dengan menggunakan Levene test, kemampuan awal dengan menggunakan uji t: uji dua pihak dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t: uji satu pihak. Sedangkan untuk tanggapan siswa dengan analisis deskriptif menggunakan teknik evaluasi inventory. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1). adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pengajaran berprograma yaitu siswa yang diajar menggunakan metode pengajaran berprograma prestasinya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, dengan nilai probabilitas (p) = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 6,460 > nilai ttabel = 1,67; 2). Siswa memberikan tanggapan yang positif dengan diajar menggunakan metode pengajaran berprograma baik dalam hal tingkat kemudahan, tingkat efisiensi dan penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 06:05
Last Modified: 26 Jul 2012 06:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item