PENERAPAN ANALYTICHAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN LINEAR GOAL PROGRAMMING (LGP) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK OPTIMALISASI JUMLAH KAMAR RAWAT INAP (Study Kasus : Rumah Sakit Umum ‘dr. Sayidiman’ Magetan)

Rahmi Sumastuti, Diah (2006) PENERAPAN ANALYTICHAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN LINEAR GOAL PROGRAMMING (LGP) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK OPTIMALISASI JUMLAH KAMAR RAWAT INAP (Study Kasus : Rumah Sakit Umum ‘dr. Sayidiman’ Magetan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_ANALYTICHAL_HIERARCHY_PROCESS.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum ‘dr. Sayidiman’ Magetan mengalami permasalahan dalam hal penyediaan kamar rawat inap. Seringkali kapasitas kamar rawat inap yang tersedia tidak mampu memenuhi jumlah pasien yang akan menjalani rawat inap. Pengambilan keputusan adalah suatu tindakan untuk menentukan sesuatu dari berbagai alaternatif yang ada, sehingga didapatkan alternatif tujuan terpilih. Dengan alternatif terpilih tersebut, kemudian dilakukan optimalisasi jumlah kamar rawat inap. Karena pengambilan keputusan merupakan bagian yang penting maka dengan metode Proses Hirarki Analitik didapatkan alternatif tujuan yang terpilih dari alternatif-alternatif tujuan yang ada. Dengan didapatkannya alternatif tujuan tersebut, kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan metode Program Tujuan Ganda untuk mendapatkan jumlah kamar rawat inap yan optimal. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah memberikan usulan pertimbangan untuk mendapatkan alternatif tujuan terbaik untuk optimalisasi jumlah kamar rawat inap di Rumah Sakit Umum ’dr. Sayidiman’ Magetan. Proses optimalisasi dengan menggunakan metode Program Tujuan Ganda. Dengan metode Proses Hirarki Analitik diperoleh alternatif tujuan optimalisasi terbaik adalah dengan menambah jumlah kamar rawat inap. Dan penambahan jumlah kamar rawat inap untuk masing-masing Instalasi Rawat Inap (IRNA) di kamar kelas I adalah 8 tempat tidur atau 4 kamar rawat inap, di kamar kelas II sebanyak 4 buah tempat tidur atau 1 kamar rawat inap dan di kamar kelas III penambahan sebanyak 6 buah tempat tidur atau 1 kamar rawat inap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 05:57
Last Modified: 26 Jul 2012 05:57
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13458

Actions (login required)

View Item View Item