PENGARUH KOMPOSISI DOSIS PUPUK KANDANG (AYAM DAN SAPI) PADA MEDIA TANAH ALUVIAL DAN ARANG SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN LIDAH BUAYA (Aloe vera)

Rakhman, Agus (2006) PENGARUH KOMPOSISI DOSIS PUPUK KANDANG (AYAM DAN SAPI) PADA MEDIA TANAH ALUVIAL DAN ARANG SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN LIDAH BUAYA (Aloe vera). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KOMPOSISI_DOSIS_PUPUK_KANDANG.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi dosis pupuk kandang ayam dan pupuk kandang sapi pada media tanah aluvial dan arang sekam padi dengan perbandingan 4:1 terhadap pertumbuhan tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera). Percobaan ini dilakukan di Perumahan Sengkaling Indah I No.59 Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Percobaan dilakukan secara faktorial dengan Rancangan Acak Kelompok, yang terdiri dari satu faktor dan diulang tiga kali. Setiap ulangan terdiri dari 1 sampel dengan 12 macam perlakuan, satu perlakuan digunakan sebagai kontrol terhadap perlakuan-perlakuan lainnya. Pengamatan dilakukan setelah tanaman berumur 10 hari setelah tanam (hst), dengan selang waktu pengamatan 10 hari. Adapun parameter yang diamati meliputi panjang pelepah tanaman, lebar pelepah tanaman, tebal pelepah tanaman, berat basah tanaman, jumlah pelepah tanaman dan serapan kalium pada tanaman. Pada setiap tanaman diambil 2 pelepah daun sampel ukuran pengamatan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa perlakuan tipe tumbuh berpengaruh terhadap panjang pelepah tanaman, lebar pelepah tanaman, tebal pelepah tanaman dan berat basah tanaman. Sedangkan terhadap jumlah pelepah dan serapan kalium tidak berpengaruh. Hal ini disebabkan karena unsur hara yang diserap digunakan oleh tanaman untuk menambah panjang, lebar dan tebal pelepah tanaman tersebut. Selain itu juga dipengaruhi iklim dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 05:54
Last Modified: 26 Jul 2012 05:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13454

Actions (login required)

View Item View Item