IMPLEMENTASI STRATEGI PENETAPAN HARGA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Wisata Mitra Tour dan Travel Malang)

ROMADHON, VIZA (2006) IMPLEMENTASI STRATEGI PENETAPAN HARGA SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Wisata Mitra Tour dan Travel Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_STRATEGI_PENETAPAN_HARGA_SEBAGAI_UPAYA_DALAM_MENINGKATKAN_VOLUME_PENJUALAN.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan didirikannya sebuah perusahaan pada umumnya adalah meningkatkan volume penjualan sehingga memperoleh laba yang maksimal. Salah satu kegiatan perusahaan yang mendukung tujuan tersebut adalah pemasaran. Bauran pemasaran adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk sistem pemasaran sebuah organisasi. Dalam konsep pemasaran modern banyak perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran (Market Mix) yang biasa dikenal 4p yaitu produk, price, palce dan promotion. Harga salah satu unsur dari bauran pemasaran yang tidak mengandung biaya. Hal ini karena untuk penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan terhadap produknya cukup dilakukan dengan mengkalkulasikan besarnya biaya produksi dari produk tersebut ditambah dengan prosentase keuntungan yang diharapkan dari produk itu. Penelitian ini menggunkan beberapa kajian teori yang berkaitan dengan topik penelitian, karena pemaparan teori yang relevan akan membantu ke arah pemecahan masalah serta dapat dijadikan suatu pedoman didalam pembahasannya. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan pedoman wawancara sebagai pengumpulan data. Penetapan harga dilakukan oleh Mitra merupakan salah satu kunci sukses dalam tingkat penjualannya. Dalam melakukan penetapan harga Mitra selalu memperhatikan keseimbangan antara tingkat harga dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Sehingga kesumen akan selalu menggunakan jasa Mitra karena mereka menganggap apa yang telah mereka bayar sesuai dengan apa yang telah didapatkannya. Selama kurun waktu 5 tahun (2000-2004) harga telah ditetapkan oleh Mitra selalu mengalami kenaikan. Hal tersebut karena Mitra selalu menyesuaikan dengan keadaan pasar dan biaya transportasi yang semakin meningkat dari tahun ketahun. Namun hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi penjualan. Terbukti dengan adanya data penjualan yang selalu naik dari tahun ke tahun meskipun kenaikannya itu belum mencapai 100%. Dari perhitungan yang telah dilakukan berdasarkan data-data yang ada maka dapat diketahui nilai korelasi antara harga sebagai variabel bebas (X) dan penjualan sebagai variabel terikat (Y) maka dapat diketahui koefisien untuk tujuan Bali adalah 0,8246, untuk tujuan Yogyakarta adalah 0, 8922, dan untuk tujuan Jakarta adalah 0,8310. dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa penetapan harga yang dilakukan oleh Mitra mempunyai hubungan yang sangat tinggi dengan tingkat penjualan. Hal ini tentunya d itunjang dengan fasilitas dan pelayanan tingkat penjualannya. Hal ini tentunya harus ditunjang dengan fasilitas dan pelayanan yang akan diberikan, sehingga perusahaan mampu bersaing dalam dunia bisnis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 05:49
Last Modified: 26 Jul 2012 05:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13450

Actions (login required)

View Item View Item