PERSEPSI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN TALKSHOW KOPI MANIS DI SCTV (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Audio Visual Universitas Muhammadiyah Malang 2002)

Putranto, Tri Adi (2006) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN TALKSHOW KOPI MANIS DI SCTV (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Audio Visual Universitas Muhammadiyah Malang 2002). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_MAHASISWA_TENTANG_TAYANGANTALKSHOW_KOPI_MANIS_DI_SCTV.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Hadirnya media televisi sebagai salah satu alat komunikasi merupakan satu pertanda bahwa teknologi komunikasi massa memberikan satu fenomena social bagi kehidupan manusia. Menurut Skornis dalam bukunya “Television and society:ancuest and agenda” (1965), dibandingkan dengan media massa lainnya radio, surat kabar, majalah, televisi memiliki sifat istimewa. Televisi merupakan gabungan dari media dengar dan gambar yang bisa bersifat politis, informatif, hiburan dan pendidikan. Informasi yang kita terima dari televisi, akan mudah dimengerti karena jelas terdengar secara audio dan terlihat secara visual. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang suku, budaya serta pendidikan. Karena itu stasiun televisi harus memperhatikan realita serta fakta-fakta yang terjadi di masyarakat. Salah satu tayangan yang informatif, menarik serta menyajikan realita pada masyarakat yaitu tayangan talkshow kopi manis di SCTV. Tayangan ini ditampilkan dalam bentuk perbincangan ringan dan menyenangkan dengan bintang tamu yang lucu dan seru serta pernah menjadi berita dan sensasi yang cukup hangat dibicarakan pada masanya, atau juga yang menjadi fenomena karena hobi atau kesukaannya atas suatu hal atau juga membahas fenomena sosial maupun alam yang sedang terjadi. Untuk itu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang tayangan talkshow kopi manis di SCTV. Pada penelitian ini proses persepsi yang ditimbulkan setelah dikaitkan dengan unsure-unsur dalam tayangan televisi yaitu setting, shooting camera, tema, ilustrasi musik editing dan tata artistik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori S-O-R (stimulus-organism-respon). Menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi terhadap stimulus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan, yang kemudian diterima dan diolah sehingga membuat mereka untuk berpersepsi atas stimulus yang diterima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel sebanyak 24 orang dan peneliti menggunakan teknik Total sampling. Untuk teknik pengumpulan data, digunakan angket sebagai alat pengumpul data pokok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif Dari keseluruhan jawaban 24 responden melalui angket tentang tayangan talkshow kopi manis di SCTV didapat hasil rata-rata atau Mean sebesar 104,7. Mengacu kepada tabel pedoman interpretasi persepsi mahasiswa maka angka 104,7 berada pada tahapan positif. Dengan ini bisa disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang tayangan talkshow kopi manis di SCTV mendapatkan respon positif, yang berarti sebagian besar responden sudah menerima dengan baik tayangan talkshow kopi manis di SCTV. Saran bagi audiens televisi agar lebih kritis dan selektif dalam memilih tayangan televisi, dan alangkah baiknya bila pihak stasiun televisi juga harus konsekuen dan konsisten dalam memproduksi tayangan-tayangan yang memiliki tujuan yang jelas dan harus selalu diiringi tanggung jawab moral dengan cara mempertimbangkan segala kritikan dan saran yang diberikan oleh pemirsanya, sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi terus terpenuhi oleh media yang murni dan netral tanpa ada keberpihakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 26 Jul 2012 05:38
Last Modified: 26 Jul 2012 05:38
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item